Tips untuk Obati Asam Lambung Tanpa Obat
ilustrasi

Tips untuk Obati Asam Lambung Tanpa Obat

Kamis, 22 Jul 2021 | 11:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyakit asam lambung jelas tak bisa disepelekan. Selain membuat perih dan sensasi terbakar, masalah asam lambung yang didiamkan bisa merembet ke beragam gejala lain seperti batuk, sesak napas, erosi gigi, hingga radang sinus. Lalu, bagaimana cara mengobati asam lambung?

Dikutip dari Medical News Today, penyakit asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke kerongkongan. Mengingat, di dalam perut terdapat asam klorida, yakni asam kuat yang berfungsi memecah makanan dan melindungi dari patogen seperti bakteri.

Asam lambung atau GERD umumnya dipicu oleh pola makan. Misalnya, terlalu banyak konsumsi kafein, alkohol, garam, diet rendah serat, cokelat, minuman berkarbonasi, hingga kebiasaan langsung berbaring 2 sampai 3 jam setelah makan.

Namun pada beberapa kasus, asam lambung naik bisa dipicu obesitas, merokok, serta kurang aktivitas fisik.

Lantas, bagaimana cara mengobati asam lambung? Adakah langkah-langkah yang bisa dilakukan, atau bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk meredakannya? Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:

1. Jangan makan terlalu banyak dan terburu-buru

Saat kerongkongan membuka ke perut, ada otot seperti cincin yang dikenal sebagai sfingter esofagus bagian bawah. Cincin ini bekerja sebagai katup yang mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan secara alami terbuka ketika Anda menelan, bersendawa, atau muntah.

Pada orang dengan asam lambung, otot ini melemah atau tidak berfungsi. Asam lambung bisa terjadi jika ada terlalu banyak tekanan pada otot akibat makan terlalu banyak dan terburu-buru, menyebabkan asam masuk melalui lubang.

Maka itu, banyak orang mengalami asam lambung justru setelah makan. Mengatasinya, usahakan untuk makan tidak terlalu banyak. Anda bisa coba mengatasinya dengan makan porsi lebih sedikit, tapi dalam frekuensi lebih sering dan jeda waktu lebih singkat.

2. Hindari olahraga langsung setelah makan

Terlebih pada orang dengan riwayat asam lambung, posisi tertentu seperti bungkuk bisa memicu aliran asam lambung ke kerongkongan. Maka itu, pastikan untuk tidak langsung berolahraga berat setelah makan. Beri jeda, atau lakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...