Tips untuk Penggemar Kopi yang Miliki Gigi Sensitif
ilustrasi

Tips untuk Penggemar Kopi yang Miliki Gigi Sensitif

Jumat, 16 Okt 2020 | 21:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu penyebab gigi ngilu adalah kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, ataupun asam. Nah, salah satunya adalah minuman kopi. Bila Anda termasuk penikmat kopi berat, cari tahu penjelasan mengenai kaitan antara kopi dan gigi sensitif, serta cara aman menikmati kopi tanpa cemas timbul  gigi ngilu.

Minum kopi dan gigi sensitif

image0

Bayangkan ketika Anda sedang asyik minum kopi favorit lalu timbul rasa ngilu. Fokus Anda saat bekerja bisa saja terganggu dan pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan optimal. Yuk, pahami dulu hubungan minum kopi dan gigi sensitif di bawah ini.

Kopi yang bersifat asam, memicu kondisi mulut menjadi asam. Hal tersebut berdampak pada terkikisnya enamel atau email gigi. Enamel merupakan lapisan terkuat pada gigi kita. Enamel sebagian besar terdiri dari hydroxyapatite, mineral yang memberi proteksi pada lapisan gigi.

Selain enamel, ada dentin dan sementum yang juga berperan dalam melindungi gigi dan akar gigi. Sementum berfungsi melindungi akar gigi pada bagian garis bawah gusi. Sementara dentin terdiri atas saluran kecil terhubung pada akar gigi yang disebut tubulus.

Ketika enamel mulai menipis akibat asam, dentin tak lagi terlindungi secara optimal. Ini dikarenakan, kopi dapat menciptakan suasana asam, serta bersifat erosif pada enamel gigi. Bila asam terus menerus menyentuh gigi, tentunya gigi tak terlindungi secara utuh dan memicu gigi sensitif.

Saat kita mengonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, maupun asam, hal ini dapat merangsang sensitivitas saraf dalam gigi. Lapisan enamel yang menipis tidak dapat melindungi dentin gigi sehingga makanan atau minuman dapat menyisip masuk ke dalam saluran tubulus dan “menyentuh” saraf gigi, mengakibatkan rasa ngilu. Kondisi ini dikenal dengan hipersensitivitas gigi atau gigi sensitif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...