Tips Walau WFH Tapi Tetap Produktif
ilustrasi

Tips Walau WFH Tapi Tetap Produktif

Selasa, 27 Jul 2021 | 07:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  PPKM darurat kembali memaksa traveler di banyak lini untuk kembali bekerja dari rumah atau WFH. Berikut 4 tips agar WFH kamu tetap produktif.

Banyak perusahaan yang kembali menerapkan bekerja dari rumah/Work From Home (WFH) guna mengurangi risiko pekerja terpapar COVID-19 saat bekerja di kantor.

Walaupun bekerja dari rumah, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas-aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga bisa tetap produktif dalam bekerja. Dihimpun detikTravel, Sabtu (10/7/2021), berikut tips buat kamu yang WFH:

1. Konsumsi makanan sehat

Perhatikan asupan makanan. Pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang, mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, serat, mineral dan vitamin.

Siapkan buah sebagai camilan apabila anda merasa lapar di tengah-tengah pekerjaan yang sedang dilakukan. Sesuaikan asupan makanan dengan kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas di hari tersebut.

2. Berolahraga dengan rutin

Sempatkan 30 menit - 1 jam setiap hari untuk melakukan olahraga ketika bekerja dari rumah. Tujuannya adalah agar tubuh Anda bergerak lebih lepas, karena ketika jam bekerja besar kemungkinan gerakan yang dilakukan hanya duduk dan berdiri saja.

Anda bisa melakukan olahraga seperti yoga, senam aerobik, zumba yang tidak membutuhkan peralatan tambahan, maupun olah raga seperti lari dan bersepeda dengan menggunakan treadmill maupun sepeda statis.

3. Duduk dengan posisi yang benar

Posisi tubuh saat bekerja juga berpengaruh terhadap tubuh yang fit. Hindari posisi tengkurap maupun berbaring selama bekerja, walaupun lebih nyaman, posisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit punggung, leher, atau bahu.

Ambil posisi duduk yang baik dan benar untuk mengurangi risiko terjadinya sakit dan selalu ambil posisi berdiri untuk istirahat setidaknya 1 jam satu kali.

4. Bersosialisasi secara virtual

Manusia adalah makhluk sosial dan di dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat. Bagi banyak orang, sosialisasi memegang peranan penting untuk membentuk jiwa yang kuat.

Oleh karena itu, tetaplah luangkan waktu untuk bersosialisasi secara virtual baik dengan rekan kerja kantor maupun dengan keluarga dan teman-teman yang lain.

Dengan demikian, Anda sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan mental sendiri. Semoga berguna dan selamat WFH. Bersama kita bisa menekan COVID-19.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di travel.detik.com dengan judul "Ini 4 Tips Biar WFH Kamu Tetap Produktif dan Sehat"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...