Tjahjo Kumolo Minta Maaf Usai Unggah Foto Hoaks Tol Cisumdawu
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo Minta Maaf Usai Unggah Foto Hoaks Tol Cisumdawu

Senin, 11 Okt 2021 | 12:40 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meminta maaf karena telah mengunggah foto yang salah terkait jalan Tol CIsumdawu di Provinsi Jawa Barat. Permintaan maaf itu disampaikan Tjahjo lewat akun Twitternya.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya," tulis Tjahjo melalui akun Twitter @tjahjo_kumolo.

Sebelumnya, nama Menpan-RB Tjahjo Kumolo mendadak ramai diperbincangkan lantaran mengunggah foto yang memperlihatkan sebuah jalan tol. Ia memberi keterangan foto tersebut merupakan jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Tjahjo dalam unggahan itu juga memberi keterangan lain seperti tol tersebut membelah gunung dan dapat mempersingkat waktu perjalanan Bandung-Tegal dan Bandung-Semarang.

Meski cuitan tersebut sudah dihapus. Namun, tangkapan layar politisi PDIP itu sudah beredar luas di linimasa Twitter.

Disinformasi dengan foto yang sama sebelumnya pernah terjadi pada 2019. Kemenkominfo kala itu memastikan foto yang beredar merupakan hoaks.

“Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India. Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki,” kata Kemkominfo dalam keterangan resminya saat itu.
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...