TKW Asal Indramayu Disiksa di Irak

TKW Asal Indramayu Disiksa di Irak

Sabtu, 13 Agt 2016 | 07:12 | Rusmanto
WinNetNews.com - Tarsinah bin Warcita (37), tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu, Jawa Barat, yang disiksa majikannya di Irak akhirnya berhasil diselamatkan pihak KBRI Baghdad. Tarsinah akan dipulangkan ke Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan pihak KBRI Baghdad dalam keterangan tertulis pada Sabtu (13/8/3016) pagi.

Tarsinah kini dalam perlindungan penuh KBRI Baghdad setelah melalui proses pembebasan yang panjang selama 4 minggu. Proses pembebasan Tarsinah cukup memakan waktu karena melibatkan Pemerintah Irak, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan pihak kepolisian serta majikan dan agen.

KBRI Baghdad menjelaskan, setelah dicapai kesepakatan awal, pada Kamis, 11 Agustus 2016, tim KBRI dengan pengawalan ketat kepolisian Irak berupa 3 mobil dengan 17 personel bergerak menuju rumah majikan Tarsinah. Lokasinya berada di kawasan rawan keamanan di Baghdad sehingga harus dikawal.

Ketika di lokasi, tak mudah bagi pihak KBRI Baghdad untuk membawa Tarsinah. Butuh waktu lebih dari 2 jam sebelum akhirnya pihak KBRI Baghdad bisa meyakinkan semua pihak, khususnya majikan Tarsinah.

Saat ini Tarsinah berada di KBRI Baghdad dan menunggu proses pemulangan ke Indonesia. KBRI Baghdad sendiri menyebut Tarsinah bekerja di Irak secara ilegal.

Tarsinah awalnya direkrut oleh seorang calo bernama Iti yang tak lain adalah merupakan tetangga rumahnya sendiri. Awal Januari 2014, Iti menemui Tarsinah untuk menawari pekerjaan sebagi TKW ke Irak. Selang satu minggu kemudian Tarsinah dari rumah Iti dijemput oleh lelaki bernama Iwan yang mengaku sebagai pihak agensi yang kemudian membawanya ke Bandara Soekarno Hatta.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...