Tokoh Agama dan Akademisi Minta Supaya Ahok Tidak Ditahan
sumber foto : rayapos

Tokoh Agama dan Akademisi Minta Supaya Ahok Tidak Ditahan

Sabtu, 21 Jan 2017 | 17:01 | Oky

Winnetnews.com - Aliansi Masyarakat Sipil untuk Konstitusi (AMSIK) menyatakan bahwa mereka siap untuk menjamin agar Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak ditahan. Sehingga Ahok dapat menjalankan hak konstitusionalnya untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan politik berupa kampanye ke masyarakat DKI Jakarta.

Koordinator dari Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika yang juga tergabung dalam AMSIK Nia Sjarifudin di Jakarta, Jumat (20/1/2017), menyatakan bahwa para penjamin yang tergabung dalam AMSIK akan menyampaikan permohonan mereka kepada Majelis Hakim untuk menolak tuntutan dari para saksi pelapor yang meminta penahanan atas Basuki Tjahaja Purnama.

Seperti yang diketahui, saat ini Ahok sedang menjalani proses hukumnya di persidangan sebagai terdakwa dalam sidang kasus dugaan penistaan agama.

"Kami berikan penjaminan kepada Ahok sebagai bentuk kepedulian dan panggilan kami sebagai warga negara yang meninggikan konstitusi Indonesia dan dengan lantang menentang tuntutan agar Ahok ditahan," ucapnya.

Nia menjelaskan, AMSIK dan pihak-pihak penjamin memohon kepada yang mulia Majelis Hakim terkait Perkara 1537/Pid.B/2016/PN.JKT.UTR, agar menolak siapapun yang meminta penahanan terhadap Ahok. Sehingga, selama proses persidangan, Ahok tetap dapat menjalankan hak konstitusionalnya untuk dipilih sebagai Gubenur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Selain itu, Ahok juga memperoleh hak dan kesempatan yang sama dengan pasangan calon lain dalam melakukan kegiatan-kegiatan politik, berupa kampanye ke masyarakat DKI Jakarta untuk memaparkan visi-misi dan program kerja. Lanjut Nia

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...