Tombol Like di Facebook Bakal Dihapus? Ini Penjelasannya

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Tombol Like di Facebook Bakal Dihapus? Ini Penjelasannya Ilustrasi tombol likes di Facebook. (Foto: NexTren.id)

Winnetnews.com -  Demi melindungi para usernya dari penyakit hati, iri, dan dengki, laman media sosial Facebook bakal menghapus hitungan pada tombol suka atau likes. Kedengkian ini didasari para pengguna yang membanding-bandingkan dirinya dnenga orang lain berdasarkan jumlah tomblo likes.

Sebelumnya, laman ciptaan Mark Zuckerberg ini telah mengetes untuk menghilangkan fitur ‘suka’ pada instagram di tujuh negara. Tujuh negara yang telah diuji coba antara lain Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, Brazil, Australia, dan Selandia Baru sepanjang April hingga Juli 2019.

Tiap konten yang diunggah di Facebook biasanya akan dihitung jumlah berapa akun yang meng-klik tombol ‘suka’ pada tab dalam konten tersebut. Namun, kebanyakan user di beberapa negara yang sudah diuji coba itu melaporkan mereka tidak bisa melihat jumlah likes dari kerabatnya di jejaring pertemanan tersebut.

Melansir portal berita CNNIndonesia.com, langkah Facebook menghilangkah jumlah suka juga dilakukan agar pengguna berhenti menghapus konten yang mereka unggah lantaran tidak memiliki cukup banyak jumlah suka atau kurang dibagikan.

Ahli reverse engineering, Jane Manchun Wong, menemukan prototipe Facebook untuk menyembunyikan jumlah suka pada aplikasi Android media sosial itu.

Ketika dikonfirmasi TechCrunch, Facebook mengonfirmasi kalau mereka memang tengah melakukan pengetesan untuk menhilangkan jumlah suka. Namun, hingga saat ini, fitur tersebut belum tersedia untuk semua pengguna.

Facebook menolak untuk membagikan hasil pengetesan mereka dengan menyembunyikan jumlah suka di Instagram. Mereka juga tak menyebut motif di balik pengetesan ini dan jadwal pengetesan. Kemungkinan menghilangkan fitur ini akan dilakukan secara bertahap sembari melihat apakah akan berpengaruh buruk pada penurunan pengguna dan iklan mereka.

Apa Reaksi Kamu?