Skip to main content

Topi-Topi unik Kepunyaan Siapa ya?

Topi-Topi unik Kepunyaan Siapa ya?
Topi-Topi unik Kepunyaan Siapa ya?

WinNetNews.com - Topi sudah dikenal sejak zaman kerajaan-kerajaan kuno, mulai dari Eropa, Mesir, Timur Tengah, bahkan sampai ke Asia Timur. Topi adalah salah satujenis aksesoris tambahan di kepala yang sering digunakan orang-orang baik wanita maupun pria.

Nah disamping itu juga topi berfungsi untuk melindungi kepala dari teriknya matahari, hujan, dan juga angin kencang. Namun, saat ini topi lebih identik dengan aksesoris pelengkap busana yang banyak diminati oleh setiap orang, dan juga berguna untuk menunjang penampilan agar lebih trendi dan menambah rasa percaya diri.

Inilah topi-topi unik dari beberapa negara di dunia yang di rangkum dari berbagai sumber di antaranya:

- Ushanka (Russia)

image0

Sebuah ushanka adalah topi bulu Russia dengan penutup telinga yang bisa diikat dengan mahkota topi, atau diikat di dagu untuk melindungi telinga, rahang dan dagu yang lebih rendah dari dingin. Bulu lebat juga menawarkan beberapa perlindungan terhadap dampak tumpul di kepala.

- Sombrero dari Meksiko

image1

Mexico Sombrero adalah sejenis topi yang berasal dari Meksiko. Sombrero umumnya memiliki bentuk yang cukup tinggi di kepala dan memiliki tepi yang luas, memungkinkan pengguna untuk melindungi diri dari matahari. Nama ini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti bayang-bayang yang tenggelam atau kegelapan.

- Non La (Vietnam)

image2

Non La adalah simbol tradisional masyarakat Vietnam tanpa usia, jenis kelamin atau perbedaan ras. Seperti banyak kostum tradisional lain dari Vietnam, non la berasal dari sebuah legenda yang berkaitan dengan sejarah menanam padi di Vietnam.

Film ini bercerita tentang seorang wanita raksasa dari langit yang telah melindungi umat manusia dari banjir hujan. Dia mengenakan topi terbuat dari empat daun berbentuk bulat untuk menjaga terhadap semua hujan. Setelah Dewi pergi, Vietnam membangun sebuah kuil untuk memperingati sebagai Dewi Rain.

- Akubra dari Australia

image3

Sekilas ketika anda melihat topi unik dari Australia ini memang ada kemiripan dengan topi koboi asal Amerika Serikat. Namun Akubra sendiritelah berkembang di Australia sejak ratusan tahun yang lalu. Akubra lahir sebagai salah satu bagian penting dari seragam-seragam nasional di Australia.

Dengan material bahan yang juga terbuat dari bulu-bulu serta bentuknya yang melebar, topi Akubra memiliki fungsi besar sebagai pelindung dari teriknya matahari dan bahkan dari hujan. Karena fungsi pentingnya inilah meski saat ini Akubra sudah tak lagi menjadi atribut penting seragam nasional Australia namun beberapa petani, peternak atau orang-orang yang melakoni pekerjaannya diluar ruangan banyak memakai topi unik sebagai sarana pelindung dan tetap nyaman dalam bekerja.

Karena keunikannya inilah topi Akubra bertahan dan tetap eksis sebagai salah satu ikon Negara Kanguru tersebut dan seringkali dijadikan cinderamata khas bagi pejabat penting atau wisatawan asing yang mengunjungi negara Australia.

- Karakul dari Afghanistan

image4

Karakul adalah topi unik yang terbuat dari bulu hewan domba dan biasanya dipakai oleh anak laki-laki dan pria di Afghanistan. Topi ini memiliki bentuk yang cukup unik yakni mengerucut seperti segitiga serta memiliki bagian datar pada sisi samping dan belakangnya. Qaraqul sendiri tak secara khusus dipakai untuk acara-acara tertentu saja namun juga digunakan dalam rutinitas sehari-hari.

Tak hanya dipakai rakyat biasa di Afghanistan saja namun mantan presiden dan kalangan pejabat negara pun banyak yang memakai topi ini. Bahkan saat ini qaraqul telah berkembang ke banyak negara dan sering digunakan oleh masyarakat negara setempat seperti di India, Pakistan dan negara-negara Asia Selatan lainnya.

Itulah beberapa topi unik dari beberapa negara yang ada di dunia.Masing-masing memiliki sejarah tersendiri dibalik awal kemunculannya tersebut dan tiap-tiap negara juga memiliki tradisi yang berbeda dibalik penggunaan topi-topi tersebut. Mulai dari yang awalnya digunakan sebagai pelindung sewaktu perang, ada yang digunakan untuk ritual agama, digunakan ketika sedang bekerja dan lain sebagainya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top