Cakep Nih.. Nantinya Transfer Antar Bank BUMN Akan Dibuat Gratis
ilustrasi

Cakep Nih.. Nantinya Transfer Antar Bank BUMN Akan Dibuat Gratis

Selasa, 2 Mei 2017 | 09:14 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kementerian BUMN berencana untuk menggratiskan biaya transfer antar bank BUMN yang menggunakan jaringan Link. Namun pihak bank mengaku penghapusan tidak akan dilakukan sekaligus. Penerapannya akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini tarif pengiriman uang antar rekening bank BUMN contohnya dari Mandiri ke BTN di jaringan Link masih dipatok sebesar Rp 4.000. Namun, untuk pengiriman uang sesama rekening bank sudah digratiskan.

Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri, Rico Ushtavia Frans mengatakan, sebagai BUMN, Mandiri memiliki kewajiban untuk membantu pemerintah dalam memakmurkan negeri.

Menurut dia, ATM Link atau ATM Merah Putih merupakan salah satu inisiatif untuk menyatukan infrastruktur ATM sehingga bisa lebih efisien.

"Hasil efisiensi inilah yang kami berikan kepada nasabah dalam bentuk harga yang lebih murah atau bahkan bisa gratis," ujar Rico, Senin (1/5/2017)

Dia mengatakan, saat ini pihak Himbara masih melakukan kajian secara bertahap. Menurut dia, idealnya waktu untuk menggratiskan biaya transfer tersebut adalah jika penghematan biaya dari patungan infrastruktur sudah didapatkan.

Direktur Konsumer BTN, Handayani mengatakan, dari pengkajian ATM Himbara atau Link memang ada pembahasan untuk pengurangan hingga penghapusan tarif transfer antar bank Himbara.

"Masih dalam kajian dan pembicaraan di Himbara, Sekarang kan biayanya masih Rp 4.000, yang pasti akan pengurangan akan dilakukan secara bertahap," ujar Handayani saat dihubungi terpisah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...