TransJakarta Bakal Tambah 59 Bus Baru di Kawasan Ganjil Genap

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

TransJakarta Bakal Tambah 59 Bus Baru di Kawasan Ganjil Genap Foto: Jawa Pos

Winnetnews.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Lipto menutrukan jika PT TransJakarta akan menambah beberapa bus di 25 ruas jalan yang terkena ganjil genap. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan penumpang secara signifikan.

Penerapan ganjil genap yang sudah berlangsung sejak 9 September lalu disinyalir menyumbang banyaknya penumpang TransJakarta di kawasan-kawasan tersebut.

“Kita sedang menambah. Ada tambahan sekitar 59 unit bus TransJakarta,” kata Syafrin, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (09/10).

Syafrin juga menuturkan jika setelah sebulan kebijakan diterapkan, banyak penumpang kendaraan pribadi yang kini beralih menggunkan angkutan umum. Tidak hanya itu, kecepatan laju kendaraan juga bertambah.

“Selama sebulan kemarin pemerintah DKI Jakarta memang mencanangkan peningkatan angkutan umum. Sebanyak 12 persen dialokasikan untuk TransJakarta. Kecepatan kendaraan bertambah dari 25km/jam menjadi 28,5km/jam. Volume kendaraan juga menurun sebanyak 28,58 perse.” Jelas Syafrin.

Syafrin juga menyoroti jika kebijakan ganjil-genap ini membawa penurunan signifikan terhadap kualitas udara yang buruk, salah satunya di kawasan Kelapa Gading yang menurun hingga 22 persen. Ini menurutnya, merupakan sebuah efektivitas kebijakan ganjil-genap.

“Berhasil, dari sisi kecepatan meningkat, biasanya peningkatan kecepatan nol koma sekian kan, sekarang dari 25 ke 28, cukup signifikan,” tandasnya.

Apa Reaksi Kamu?