Transmisi Lokal Varian Omicron Sudah Menjadi 50 Kasus, Ini Sebarannya

Rusmanto

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Transmisi Lokal Varian Omicron Sudah Menjadi 50 Kasus, Ini Sebarannya
detikcom
Winnetnews.com -  Omicron semakin menyebar, seiring dengan kasus transmisi lokal yang terus bertambah. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengkonfirmasi hingga saat ini total penularan lokal Omicron di Indonesia mencapai 50 orang.

"Sekarang transmisi lokal total sudah 50 ya, kemarin kan 31. Dan ini dari Jakarta, Surabaya, Bandung," beber dr Nadia kepadadetikcom Senin (10/1/2022).

Selain ketiga wilayah tersebut, dr Nadia juga menegaskan ada daerah lain yang berpotensi menjadi sumber penularan Omicron, karena virus diyakini sudah menyebar.

"Potensi Medan dan Bali," kata dr Nadia.

Karenanya, dr Nadia mengingatkan jangan sampai penambahan kasus Omicron yang terus meningkat memicu infeksi harian yang semula rendah, mendadak melambung tinggi. Terlebih tren kasus COVID-19 dalam 14 hari terakhir menurut Satgas menunjukkan peningkatan.

"Kita tidak boleh lengah, jangan sampai gelombang ketiga terjadi di Indonesia. Jangan sampai apa yang terjadi di India terjadi juga di Indonesia, di mana dalam 10 hari terakhir terjadi kenaikan tren kasus dari 6 ribuan menjadi 90 ribuan kasus konfirmasi Omicron. Ini yang kita hindari," beber dr Nadia dalam keterangan tertulis, Minggu (9/1/2022).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Transmisi Lokal Omicron RI Jadi 50 Kasus, Tertular dari Mana Saja?"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...