Traub, Motor Terlangka di Dunia

Traub, Motor Terlangka di Dunia

North Carolina - Sepanjang sejarah sepeda motor, tidak ada yang lebih langka dibanding motor ini. Bermerek Traub, motor ini diproduksi pada 1917. Sekarang terpajang di Wheels Through Time Museum, Amerika Serikat (AS).

Sejarah motor ini sangat unik, termasuk saat ditemukan. 45 tahun yang lalu, motor ini ditemukan oleh seorang pekerja pipa air di sebuah apartemen tua di Paulina Street, Chicago, AS, saat dirinya akan merobohkan salah satu dinding bangunan.

Tak dikira, saat dinding roboh, di baliknya terparkir motor tua ini. Ia mengatakan, motor yang ditemukannya merupakan titipan anaknya yang pergi berperang dalam Perang Dunia I. Anaknya tidak pernah kembali, tapi barang miliknya tersimpan rapi.

Saat dibersihkan, diketahui kemudian mesin motor ini sangat kuat. Bagaimana tidak, The Traub dilengkapi dengan piston buatan tangan/manual dengan ring piston terbaik dan paling maju di masanya.

"Segala sesuatu yang berada di dalam mesin motor ini sangat istimewa dan luar biasa," ujar Dale Walksler, salah satu pakar motor klasik dan pengelola musem sebagaimana dikutip dari Leatherup, Kamis (3/9/2015).

Bukan hanya itu, mesin motor ini bermaterial besi cor dan memiliki katup samping. Mesin motor mampu membawa penunggannya berlari lebih dari 136 km/jam dengan cukup enteng.

Sayang, sampai sekarang, siapa pabrikan yang membuat motor secanggih ini masih misteri.

Traub pernah berpindah tangan beberapa kali sebelum akhirnya tersimpan rapi di museum Wheels Through Times sejak 1990. Selain Traub, museum ini juga mengoleksi sekira 300 unit motor-motor langka lainnya.