Travelers.. Yuk Kita Bertamasya Ke Bukit Gundaling

Travelers.. Yuk Kita Bertamasya Ke Bukit Gundaling

Jumat, 8 Apr 2016 | 16:02 | Kontributor
WinNetNews.com - Bukit Gundaling adalah salah satu obyek wisata yang ada di Berastagi, yang berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Brastagi. Tempat ini merupakan salah satu dari beberapa objek wisata yang melengkapi keindahan kota Berastagi yang ada di Sumatera Utara, dan tempat ini juga sangatlah nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga dengan memiliki ketinggian 1575 meter dari permukaan laut, pengunjung dapat menikmati panorama gunung berapi Sibayak dan Sinabung.

Lokasi wisata Bukit Gundaling ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai tempat rekreasi yang mengasyikan. asal mula kenapa dinamakan "Gundaling", menurut cerita masyarakat setempat, dahulu seorang tentara Negara asing kehilangan sebuah senjata kesayangannya disebuah bukit. Yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah kalimat “Gun Darling” dipuncak bukit tersebut sebagai bentuk ungkapan kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah sedikit cerita yang pada akhirnya bukit tersebut dinamakan “Gundaling”. Kini Gundaling dikenal sebagai kota Markisa dan Jeruk Manis di Brastagi yang merupakan daerah yang sejuk serta memiliki hamparan perladangan pertanian yang indah, luas dan hijau.

image0

 

Menuju Lokasi Wisata Bukit Gundaling

Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan Delman atau Sado sambil menikmati pemandangan indah gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Akses jalan menuju Bukit Gundaling ini kalau ditempuh dengan kendaraan roda 4 merupakan jalan searah yang mengitari Bukit itu sendiri. Sesampainya di Bukit Gundaling, Anda akan melihat relief di tembok sebelah kanan jalan yang berwarna kuning. lalu setelah itu ada lokasi parkir untuk kendaraan sekaligus terdapat Mushola, sewa Andong, dan sewa Kuda. Di Bukit Gundaling ini terdapat jalan memutar untuk menikmati suasana bukit yang segar. Jadi, ada 2 jalan disini. Satu jalan di bawah adalah akses ke bukit, sedangkan satu jalan lagi di atas adalah tempat wisata itu sendiri.

Bisa Sewa Kuda Untuk Mengitari Bukit

Untuk mengitari bukit gundaling Travelers bisa sewa kuda. Tarif naik kuda pun cukup bersahabat, Anda hanya cukup membayar Rp. 20.000,- untuk satu keliling naik kuda. Sedangkan jika ingin beramai-ramai, Anda juga bisa naik Andong seharga Rp. 25.000,-. Belum puas dengan hanya satu keliling? Anda pun bisa menyewa kuda selama satu jam dengan tarif Rp. 100.000,- mengelilingi bukit dan turun memetik buah jeruk. Menyenangkan bukan?

image1

Di atas Bukit Ada Taman dan Situs

Di atas Bukit, terdapat taman dan beberapa situs yang berupa patung dan tugu. Pada puncaknya terdapat area yang cukup datar yang bisa digunakan untuk bermain. Selain itu, ada juga beberapa bangunan diantaranya gereja tua dan beberapa shelter untuk berteduh. Disana juga terdapat beberapa tenda yang bisa disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam sambil lesehan ataupun menikmati bekal dari rumah alias botram. Bagi yang tidak membawa bekal, disana juga terdapat rumah makan yang terletak di pinggir bukit dengan hamparan lahan hijau yang menyejukkan mata.

image2

Kios Oleh-oleh

Bagi Anda yang senang berbelanja, tentu saja tak lengkap rasanya jika sepulang dari tempat wisata tidak membawa buah tangan. Di sepanjang jalan di atas bukit ini terdapat banyak kios yang menjual souvenir mulai dari kerajinan tangan khas Batak sampai dengan kaus bertuliskan Berastagi. Anda ingin mendapatkan harga yang miring? bisa, harga barang disini bisa ditawar kok. Tinggal Anda sajalah yang menentukan.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...