(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Trik Jasa Marga Hadapi Libur Idul Adha, Gardu Tol Cikarang Ditambah

Rani
Rani

Trik Jasa Marga Hadapi Libur Idul Adha, Gardu Tol Cikarang Ditambah

winnetnews.com - Volume kendaraan yang keluar dari Jakarta saat  libur hari raya Idul Adha 1438 hijriah diprediksi melonjak.

Pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengantisipasi kemacetan dengan menambah gardu operasi pada Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Dari yang awalnya 13 gardu masuk menjadi 20 gardu, dan dari 21 gardu keluar menjadi 31 gardu," kata Juru Bicara Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/8).

Heru memprediksi, peningkatan kendaraan pada Gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek mencapai 93 ribu kendaraan pada puncak arus mudik atau meningkat sebesar 19 persen dari lalu lintas normal, 77 ribu kendaraan.

Peningkatan juga diperkirakan akan terjadi pada beberapa ruas seperti di Jalan Tol Jagorawi, Cipularang dan Padaleunyi.

Jasa Marga mengidentifikasi beberapa lokasi yang berpotensi terjadinya kepadatan lalu lintas diantaranya pada Simpang Susun Cikunir, area peristirahatan (rest area), Gerbang Tol Cikarang Utama untuk ruas Jakarta-Cikampek, Gerbang Tol Bogor dan Gerbang Tol Ciawi untuk ruas tol Jagorawi, Gerbang Tol Pasteur dan Gerbang Tol Cileunyi untuk Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi.

Untuk mengantisipasi kepadatan tersebut, Jasa Marga telah menyusun beberapa upaya antisipasi. Dari sisi pelayanan lalu lintas, Jasa Marga akan melakukan pengalihan lalu lintas pada jalur lalu lintas yang padat ke jalur Alternatif.

"Pengaturan arus kendaraan seperti pengalihan lalu lintas ke Gerbang Tol  Kalimalang 2 di saat terjadi kepadatan di Cikunir, pengalihan lalu lintas ke Gerbang Tol Cikarang Barat 3 dan masuk kembali ke Gerbang Tol  Cikarang Barat 1 serta buka tutup Gerbang Tol  Cikarang Utama secara situasional," ujar Heru.

Jasa Marga juga bakal meningkatkan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas. Caranya, melakukan sistem buka tutup rest area dan kantong parkir (parking bay) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, Jasa Marga juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk memberlakukan contraflow di Ruas Tol Jakarta-Cikampek di sekitar rest area yaitu Km 29-Km 41, Km 57+800-Km 62+400 arah Cikampek.

Selama libur Idul Adha, Jasa Marga akan memberikan insentif penggunaaan uang elektronik di jalan tol dengan cara memberikan diskon pada seluruh ruas jalan tol perseroan dan kelompok usahanya.

"Diskon berlaku sebesar 10 persen untuk periode 28 Agustus hingga 3 September 2017 di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung," kata Heru.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});