Trik Mudah Kembalikan Energi yang Hilang

Trik Mudah Kembalikan Energi  yang Hilang

1. Tidur Awal

Kurang tidur menyebabkan rasa lelah di siang hari dan rasa lelah dapat membuat seseorang kehilangan kewaspadaan, kehilangan kewaspadaam biasa berujung pada kecelakaan. Solusinya, pastikan Anda cukup tidur dengan cara berangkat tidur lebih awal.

Ketika beberapa orang yang ikut dalam percobaan di Stanford University pada tahun 2004 diizinkan tidur selama yang yang mereka inginkan, para peserta mengaku tubuh mereka terasa lebih bertenaga dan segar. Tidur singkat di siang hari (10-30 menit) ditambah secangkir kopi, juga baik untuk mengembalikan energi, menurut American Academy of Sleep Medicine.

2. Makan Lebih Sering

Beberapa orang merasakan keuntungan dari makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Kebiasaan ini membantu mereka menjaga level gula darah di dalam tubuh mereka lebih stabil. Pilih makanan sehat seperti roti dari gandum utuh atau karbohidrat kompleks lain, yang lebih lama dicerna tubuh sehingga Anda pun kenyang lebih lama.

3. Lakukan Yoga

Meski hampir semua jenis olahraga bagus untuk kebugaran tubuh, yoga adalah yang paling efektif untuk meningkatkan energi. Setelah melakukan yoga satu kali seminggu selama 6 minggu berturut-turut, para sukarelawan yang ikut penelitian di Inggris melaporkan kemajuan dalam hal pikiran yang lebih jernih, energi, dan rasa percaya diri. Tak pernah ada kata terlambat untuk mencoba.

Para peneliti di Universitas Oregon menawarkan latihan yoga kepada 135 pria dan wanita usia 65 hingga 85 tahun. Di akhir bulan keenam, para peserta melaporkan bahwa mereka merasakan energi yang bertambah dan merasa lebih bugar dari sebelumnya.

4. Konsumsi Ikan

Minyak Omega-3 baik untuk kesehatan jantung Anda dan meningkatkan kesadaran. Para sukarelawan yang mengikuti percobaan yang dilakukan oleh University of Siena mengaku, setelah mengonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari merasakan reaksi mental yang lebih cepat dan lebih bertenaga.

5. Minum Banyak Air

Dehidrasi akan menguras tenaga dan memengaruhi kinerja Anda. Penelitian yang kami lakukan membuktikan, dehidrasi membuat para atlit kesulitan meyelesaikan latihan angkat beban. Maka masuk akal untuk berpikir bahwa, dehidrasi menyebabkan kelelahan dan memengaruhi performa seseorang, bahkan untuk mereka yang hanya melakukan olahraga ringan, jelas An Judelson, PhD, Asisten Dosen dari Fakultas Ilmu Kinesiologi California State University di Fullerton.

Dehidrasi juga menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dan berkurang kewaspadaannya. Bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda kurang minum air? Warna air seni yang normal adalah kuning pucat. Jika warnanya lebih gelap dari itu, Anda perlu minum banyak air putih.

6. Kenali masalah kesehatan Anda

Rasa lelah adalah tanda-tanda umum dari beberapa penyakit, misalnya diabetes, penyakit jantung, arthritis, anemia, gangguan kelenjar tiroid, dan gangguan tidur. Temui dokter jika Anda merasakan kelelahan yang tidak biasa.

Banyak jenis pengobatan juga dapat menjadi akibat Anda kerap merasa lelah seperti pengobatan untuk tekanan darah, alergi, obat yang bersifat diuretik, dan lain sebagainya. Jika Anda mulai merasakan kelelahan setelah memulai proses pengobatan yang baru, informasikan kepada dokter Anda.

7. Kurangi Berat Badan Berlebih

“Menghilangkan berat badan berlebih dapat membuat Anda lebih bertenaga,? papar Stewart, dari Johns Hopkins University. Bahkan lemak tubuh yang berkurang mampu menambah rasa percaya diri, tenaga, dan memperbaiki kualitas hidup Anda. Kurangi bobot tubuh dengan mengurangi porsi makan, pola makan seimbang, dan menambah aktivitas fisik.