Trik Mudah Rawat AC Mobil Agar Tetap Sejuk

Liani
Liani

Trik Mudah Rawat AC Mobil Agar Tetap Sejuk

Bagi pemilik kendaraan roda empat pasti inginkan penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) tetap bekerja dengan maksimal. Apalagi saat cuaca di siang hari sedang terik, dan kabin membutuhkan AC agar tetap sejuk.

Pertama menurut Hendra, untuk pengguna mobil keluaran 2012 ke atas, harus sering membersikan saringan AC yang ada di kabin setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.  Kedua, setahun sekali wajib melakukan perawatan ringan seperti membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

“Tapi tidak semua mobil bisa dicuci rumah kipasnya, seperti Mazda2 tidak bisa dicuci, jadi harus disemprot angin,” kata Hendra saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (13/8/2015).

Ketika mencuci mobil minta disiram bagian kondensor yang ada di bagian depan. Tapi jangan dengan air yang memiliki tekanan tinggi, karena bisa merusak hingga ke bagian kelistrikan mobil. Disemprot saja seperti biasa, agar debu yang menempel bisa hilang.

“Kondensor itu posisinya ada di depan, tepat di bagian grill, jadi debu yang masuk ditahan oleh kondensor. Setidaknya kita bersihkan setiap satu atau dua bulan sekali,” katanya lagi.

Jika AC mobil tidak terlalu dingin, jangan mengira freon sudah habis. Menurutnya, tidak ada istilah Freon habis, jika tidak bocor. Kecuali sudah digunakan selama dua atau tiga tahun pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.

“Freon tidak akan habis, kecuali kalau memang bocor itu baru habis, kalau tidak bocor Freon tidak akan habis,” tutup Hendra.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});