Trik Rebus Kerang Supaya Cepat Terbuka

Oky
Oky

Trik Rebus Kerang Supaya Cepat Terbuka sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Kerang memang bisa diolah jadi aneka menu dan hidangan yang lezat. Bahkan direbus saja dengan bumbu sederhana sudah nikmat. Tapi belum banyak yang tahu cara merebus kerang agar cepat terbuka.

Sebenarnya teknik perebusan kerang ini nggak susah kok. Sangat simpel dan sama sekali nggak ribet. Berikut langkah-langkahnya.

1. Bersihkan dulu kerang yang akan dimasak
Ada baiknya cangkang kerang dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Cuci dengan air mengalir, ya. Semua kotoran dan lumpur perlu dihilangkan agar tidak merusak rasanya. Bila perlu sikat juga permukaan cangkangnya sampai bersih.

2. Rendam dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon
Agar tidak amis, ada baiknya kerang direndam dulu dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon dalam wadah tertutup. Kemudian, cuci bersih dan bilas.

3. Rebus dengan api sedang
Rebus kerang dengan air secukupnya. Gunakan api sedang saja agar daging kerang matang merata dan tidak alot. Jadi tak harus dengan api besar, ya ladies. Kalau cangkang sudah mulai membuka, matikan api. Jangan sampai  kelamaan merebusnya karena malah bisa membuat daging jadi alot dan mengkerut.

Kerang bisa diolah dengan berbagai cara. Selain direbus, bisa juga dikukus, dipanggang, dan ditumis. Selain itu hindari juga kerang yang berlendir atau mengeluarkan bau tak sedap. 

Jadi salah satu kunci memasak kerang agar cepat terbuka dengan tetap menjaga tekstur dan nutrisinya adalah dengan menggunakan api sedang. Untuk lama waktu perebusan bisa berbeda-beda tergantung jenis kerang yang direbus. Simpel sekali, bukan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});