Triple S Janjikan Tetangganya Sendiri Bisa Jadi ASN dan Kerja di Korea, Hasilnya?

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Triple S Janjikan Tetangganya Sendiri Bisa Jadi ASN dan Kerja di Korea, Hasilnya? Pelaku saat diinterogasi aparat/Dokumentasi Polsek Silo

WinNetNews.com - Aksi penipuan membuat SSS (36) mesti berhadapan dengan tim Buser Polsek Silo, Jawa Timur. Pria bertubuh subur itu tertangkap di rumahnya dengan dugaan menjanjikan anak dari kenalan dan tetangganya sendiri menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kasus ini bermula sekitar bulan Mei 2016, pelaku kirim SMS kepada korban bahwa dirinya bisa memasukkan anaknya jadi PNS dengan syarat membayar Rp. 10 Juta," ungkap Kepala Tim Buser Polsek Silo, Aiptu Yudi Triyanto, Sabtu (29/07/2017).

Yudi menerangkan, penangkapan tersangka berdasarkan laporan korban, Abdur Rozak (52). Usai Abdul Rozam melakukan transaksi, ia justru tidak mendapat kabar lagi dari tersangka hingga akhirnya kasus tersebut dilaporkan ke polisi. Untungnya, transaksi pembayaran tersebut dilengkapi dengan tanda terima berupa kwitansi.

"Kasusnya akan terus dilakukan pengembangan. Sebab, masih ada sejumlah orang yang melaporkan tersangka dalam kasus yang sama. Misalnya, Hartono warga Dusun Karangkebun, Desa Sumberjati yang mengaku telah ditipu tersangka dengan iming-iming akan diberangkatkan ke Korea untuk bekerja dan korban diharuskan membayar 15 juta dulu kepada pelaku," papar Yudi

Demikian juga ada tiga orang lainnya dari Banyuwangi, telah melaporkan tersangka dengan kerugian masing-masing di atas Rp. 20 juta.

"Kini kami tersangka tahan. Kepadanya akan dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara,” tutupnya.

Apa Reaksi Kamu?