Trump Jadi Pemecah Belah Putusnya Diplomatik 4 Negara dengan Qatar?

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Trump Jadi Pemecah Belah Putusnya Diplomatik   4 Negara dengan Qatar?
Foto: AFP

WinNetNews.com - Empat negara, Bahrain, Mesir, Arab Saudi dan United Emirate Arab putuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Kerusuhan tersebut telah tumbuh sejak kunjungan Trump ke Arab Saudi beberapa hari yang lalu.

Presiden AS Donald Trump mengunjungi Arab Saudi dua pekan lalu untuk menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin Arab, termasuk Emir Sheikh Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

"Kami berteman, kita sudah lama berteman sekarang, bukan?" Tanya Pak Trump pada pertemuan tersebut. "Hubungan kami sangat bagus." katanya.

Tapi sejak puncak pertemuan, kerusuhan di wilayah tersebut telah berkembang. Pada akhir pekan, email-email dibocorkan ke Pos Huffington yang mengungkapkan bahwa ada ketegangan antara mitra AS, meskipun kunjungan Presiden baru-baru ini ke Timur Tengah.

Email yang bocor dikirim antara duta besar UEA, Yousef Al Otaiba, dan tokoh peringkat tinggi di komunitas kebijakan luar negeri AS termasuk Menteri Pertahanan Robert Gates.

Dalam email Otaiba terlihat AS mendorong untuk menutup pangkalan militernya di Qatar. Pembuat anonim tersebut mengatakan bahwa mereka ingin mengekspos upaya UEA untuk memanipulasi pemerintah AS.

Sementara itu, pemerintah Trump yakin perang melawan Negara Islam (ISIS) tidak akan terpengaruh oleh keputusan tersebut.

"Saya tidak berharap bahwa ini akan memiliki dampak signifikan, jika ada dampak sama sekali, pada perang melawan terorisme di wilayah ini atau di seluruh dunia," Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson.

Qatar juga merupakan rumah bagi Pangkalan Udara al-Udeid yang luas, yang merupakan rumah bagi Komando Pusat Militer AS dan sekitar 10.000 tentara Amerika. Tidak jelas apakah keputusan tersebut akan mempengaruhi operasi militer Amerika. Pejabat Komando Pusat dan Pentagon tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...