Skip to main content

Trump Menang, Bagaimana Nasib IHSG?

Indonesia Stock Exchange
Indonesia Stock Exchange

WinNetNews.com - Capres Amerika Serikat dari partai Republik, Donald Trump unggul atas rivalnya, Hillary Clinton dari partai Demokrat. Kemenangan miliarder AS itu dalam pemilu yang paling banyak menyedot perhatian dunia, sudah dipastikan.

Pasar saham dunia, Asia, termasuk Indonesia berguguran. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 2,06% di penutupan sesi I perdagangan. IHSG sempat menyentuh level terendahnya di 5.345,128 dan tertingginya di 5.491,701.

Analis First Asia Capital David Sutyanto menilai, bursa saham dalam negeri akan semakin merosot jika Donald Trump benar-benar memenangkan Pilpres AS 2016.

Bahkan, David menyebutkan, IHSG bisa tersungkur ke 5.200 jika Trump menang dalam Pilpres tersebut.

Menurut David, ketidaksukaan para pelaku pasar keuangan terhadap Trump sangat jelas terlihat dari anjloknya pasar saham, tak hanya di AS, termasuk Indonesia.

Pelaku pasar melihat, kebijakan-kebijakan yang akan diambil Trump tidak mendukung kondusifnya perekonomian di AS.

"Kasus terburuknya, Trump akan menang, tapi hidup terus berjalan. Banyak kebijakan Trump ini akan sulit untuk diterapkan dan akhirnya, semua pendukung Trump akan kecewa. Market akan jatuh, namun pasar saham akan kembali rebound," ujar Senior Analis Bahana Securities Harry Shu menambahkan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top