Tuai Kecaman, Halle Berry Mundur dari Peran Karakter Transgender
Foto: Insider

Tuai Kecaman, Halle Berry Mundur dari Peran Karakter Transgender

Jumat, 10 Jul 2020 | 09:19 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Halle Berry telah menarik diir dari peran yang akan dimainkannya dalam sebuah film terbaru. Dalam film tersebut, ia harus memerankan karakter transgender dan ia kemudian memilih untuk mundur, setelah mendapat kecaman online.

Dalam siaran langsung Instagram pada Jumat (3/7) pekan lalu, Halle Berry mengatakan kalau ia sudah mempersiapkan diri untuk peran tersebut, tapi belum secara resmi memerankannya.

“(Itu) karakter wanita transgender, jadi dia wanita yang beralih menjadi pria. Dia adalah karakter dalam proyek yang mungkin aku suka lakukan,” ujar Halle Berry dikutip Variety.

Dia juga mengatakan kalau dirinya ingin masuk ke dunia komunitas transgender. Akan tetapi, Berry kemudian mendapatkan banyak kecaman online setelah melakukan kesalahan beberapa kali selama wawancara.

“Siapa wanita ini sangat menarik bagi ku, dan itu mungkin akan menjadi proyek ku selanjutnya,” ujarnya.

Namun pada Senin malam, dia mengeluarkan permintaan maaf dan menarik diri dari peran tersebut. Halle Berry mengatakan, komunitas transgender seharusnya memiliki kesempatan untuk menceritakan kisah mereka sendiri.

“Selama akhir pekan aku memiliki kesempatan untuk membahas pertimbangan ku tentang peran yang akan datang sebagai seorang trangender, dan aku ingin meminta maaf atas komentar tersebut. Sebagai seorang wanita cisgender (identitas gender sesuai jenis kelamin), aku sekarang mengerti bahwa aku seharusnya tidak mempertimbangkan peran ini, dan bahwa komunitas transgender seharusnya memiliki kesempatan untuk menceritakan kisah mereka sendiri,” tulis Halle Berry melalui akun Twitternya.

Cuitan yang dibuat oleh Halle Berry ini kemudian menarik perhatian akun Twitter documenter Netflix ‘Disclosure: Trans Lives on Screen’, yang dirilis bulan lalu dan memeriksa penggambaran Hollywood tentang orang-orang transgender dan kisah-kisah mereka.

Akun tersebut meminta kepada Berry untuk menonton film documenter itu terlebih dahulu, sehingga ia bisa memahami bagaimana seorang cisgender memerankan karakter trans dan konsekuensi budaya di luar layar.

Dalam beberapa tahun terakhir, aktor cisgender telah mengahadapi kontroversi saat bermain sebagai karakter transgender. Pada 2018 lalu, Scarlett Johansson berperan sebagai seorang transgender dalam ‘Rub and Tug’. Hal itu memicu reaksi dari kelompok dan aktivis hak trans. Seminggu kemudian, ia keluar dari peran itu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...