(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tubuh Kita Dirancang Untuk Bergerak

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Tubuh Kita Dirancang Untuk Bergerak

 

Wingamers.com - Sebuah penelitian di Korea Selatan mengaitkan duduk terlalu lama dengan sakit liver. Duduk terlalu lama memang tidak sehat sebab tubuh bukan dirancang untuk duduk lama.

"Tubuh kita dirancang untuk bergerak, dan tidak mengherankan bahwa perilaku menetap, ditandai dengan aktivitas otot yang rendah, memiliki dampak langsung pada fisiologi," ujar  Michael Trenell, seorang professor kedokteran metabolisme dan gaya hidup di Newcastle University di Inggris, yang menulis dalam sebuah editorial yang menyertai penelitian tersebut. 

Seperti dilansir dari Live Science, perilaku menetap dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan dapat menurunkan fungsi  kardiovaskular, ia menulis. Pada orang dengan resistensi insulin, sel-sel tubuh kehilangan kemampuan mereka untuk merespons insulin dengan mengambil gula dari darah, yang menyebabkan kadar gula darah tinggi, dan kadang-kadang menyebabkan diabetes tipe 2. "Apa yang masih kurang pasti adalah efek dari perilaku menetap terhadap hati," katanya.

"Saat ini sangat kurang obat yang disetujui untuk mengobati penyakit NALFD, sehingga perubahan gaya hidup adalah sarana utama mengobati penyakit itu," Trenell menulis.  Secara umum, 150 menit latihan moderat per minggu atau 10.000 langkah per hari dianggap aturan praktis yang baik untuk kegiatan fisik. Jadi, jangan diam saja di kursi. Bergerak demi sehat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});