Tujuh Terduga Teroris Diamankan, Polri Jaga Ketat Beberapa Lokasi

Khalied Malvino

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Tujuh Terduga Teroris Diamankan, Polri Jaga Ketat Beberapa Lokasi
Penjagaan ketat Densus 88 Atnriteror di salah satu rumah terduga teroris di Kabupaten Bekasi, Senin (23/9/2019). [Foto: Liputan6.com]

Winnetnews.com -  Polri berhasil menggerebek tujuh orang terduga pelaku teror di beberapa lokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/9/2019) pagi. Dari tujuh orang terduga terorisme tersebut, Polri mengklaim ada keterlibatan jaringan Kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Kabiropenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror hingga kini masih menyisir beberapa lokasi tersebut.

"Saat ini sudah dilakukan preventive strike oleh Densus 88 Antiteror di beberapa lokasi guna mencegah serangan aksi teror dan telah ditemukan materi bom berbahan TATP (High explosive) dan beberapa bukti-bukti berbahaya lainnya. Tim masih di lapangan," kata Dedi seperti dilansir BBC News Indonesia.

Brigjen Dedi melanjutkan, individu pertama yang ditangkap adalah Sandi Purnama alias Abu Said (18). Dia dibekuk di Tambun Selatan, Bekasi, sekitar pukul 05.35 WIB.

image0
Foto: Tribunnews.com

"SP diduga terlibat dalam pembelian material bahan peledak melalui e-commerce, seperti Aseton, gelas plastik pengukur, sendok pengaduk bahan kaca, HCl dan H2O2," kata Dedi.

SP, lanjutnya, merencanakan aksi amaliyah dengan menyerang pos kepolisian.

Selang 10 menit kemudian, Densus 88 menangkap Fazri Pahlawan alias Abu Zee Ghuroba (28). Penangkapan dilakukan di Tambun Selatan, Bekasi, sekitar pukul 05.45 WIB.

"Keterlibatan yang bersangkutan merupakan Amir dan mengkoordinir Ikhwan untuk bergabung ke Bekasi, mengajarkan bela diri setiap hari minggu sore di Perumahan Cluster Paris Residence Bekasi. Ikut Baiat di rumah Eka Hendra Utama dan melaksanakan Idad di Gunung Salak Bogor," ujar Dedi.

Sekitar 20 menit kemudian, Densus 88 beraksi lagi di Tambun Selatan. Aparat menangkap Surya Juniawan alias Haidar Al Ghazi (20) dan Igun Gunawan (19).

"Keterlibatannya yaitu ikut Baiat di rumah Eka Hendra Utama, ikut latihan bela diri di Perumahan Cluster Paris Residence Bekasi dan mengikuti idad di Gunung Salak Bogor," papar Dedi.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...