Tukang Bangunan Ini Kaya Mendadak Usai Temukan Koin Emas Senilai Rp5 M
Foto: NBCNews

Tukang Bangunan Ini Kaya Mendadak Usai Temukan Koin Emas Senilai Rp5 M

Selasa, 14 Sep 2021 | 09:34 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tiga orang pekerja bangunan yang mengerjakan proyek restorasi rumah di Plozévet, Brittany, Prancis, mendadak kaya raya. Pasalnya, mereka menemukan 239 koin emas yang bernilai 300,000 Euro atau sekitar Rp5 miliar.

Melansir CNN, tiga orang pekerja bangunana ini sedang bekerja dan menemukan sebuah kotak logam yang ada di dinding. Tak berhenti sampai di situ, mereka juga mendapati sebuah dompet berisi satu set koin.

Seluruh 239 koin itu diketahui dicetak di masa kepemimpinan Louis XIII dan Louis XIV, menurut Layanan Arkeologi Pencegahan Regional di Prancis. Koin-koin emas itu berasal dari tahun 1638 hingga 1692.

Dari koin-koin yang dilelang ini, terdapat beberapa yang langka, seperti Golden Louis dengan Templar Cross, Golden Louis berambut ikal panjang, dan Louis XIV oleh Atelier de Dijon, yang diperkirakan bernilai 15.000 Euro (Rp252 juta).

koin emas
Tiga tukang bangunan ini kaya mendadak usai temukan koin emas senilai Rp5 miliar. Foto: CNN

Mansion yang diretorasi oleh ketiga pekerja bangunan ini, pertama kali dibangun pada abad ke-13 dan dimiliki oleh keluarga pedagang atau petani kaya. Kediaman tersebut terakhir dihuni pada abad ke-18.

Rumah mewah itu, kemudian dibeli oleh sepasang suami istri pada 2012 dan mulai diperbaiki 2019 lalu.

Nilai koin akan ditentukan oleh rumah lelang Deloys di Angers, Prancis, pada 29 September mendatang.

Hasil lelang akan dibagi antara tiga pekerja bangunan yang menemukan koin dan dua pemilik rumah, dengan masing-masing menerima setengah dari dana.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...