Tundukan Shaktar 3-1, Sevilla Tantang Liverpool di Final Liga Europa

Tundukan Shaktar 3-1, Sevilla Tantang Liverpool di Final Liga Europa

WinNetNews.com - Sevilla berpeluang mempertahankan gelarnya di Liga Europa usai lolos ke final. Sevilla melaju usai menang 3-1 atas Shakhtar Donetsk di leg II semifinal.

Dalam pertandingan di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (6/5) dinihari WIB, Sevilla memetik kemenangan 3-1 atas Shakhtar. Dengan demikian, tim arahan Unai Emery itu lolos dengan agregat 5-3.

Sevilla membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Kevin Gameiro memberi tuan ruma keunggulan cepat.

Gol ini berawal dari kontrol bola yang buruk dari Maksym Malyshev. Gameiro kemudian bisa mencuri bola dan langsung melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dia menuntaskannya dengan tendangan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh untuk memberi Sevilla keunggulan.

Shakhtar mencetak gol balasan satu menit jelang turun minum. Marlos melepaskan umpan terobosan yang langsung dituntaskan oleh Eduardo dengan sepakan kaki kiri. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Dua menit usai restart, Sevilla mengembalikan keunggulannya atas Shakhtar. Gameiro sekali lagi mencatatkan namanya di papan skor.

Grzegorz Krychowiak mengirim umpan terobosan yang jatuh ke kaki Gameiro. Penyerang Sevilla itu kemudian bisa melewati adangan kiper Shakhtar, Andriy Pyatov, dan melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari sudut sempit untuk mengubah skor menjari 2-1.

Gameiro nyaris mencatat hat-trick di menit ke-58. Ever Banega yang bergerak dari sisi kiri kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Bola sempat memantul dan jatuh ke arah Gameiro. Dia lantas melepaskan tendangan salto, tapi masih melebar dari gawang.

Semenit kemudian, Sevilla menambah keunggulannya. Mariano Ferreira melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kiri gawang Shakhtar untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Sevilla mendapat peluang untuk makin meninggalkan Shakhtar di menit ke-69. Namun sundulan Krychowiak meneruskan tendangan bebas Banega masih melebar dari sasaran.

Shakhtar bukan tanpa peluang. Tim tamu juga mendapat kans untuk menipiskan skor di menit ke-73. Umpan silang Darijo Srna dari sisi kanan disambut sundulan oleh Eduardo. Tapi upaya Eduardo itu menyamping dari gawang.

Sampai pertandingan usai, skor 3-1 untuk Sevilla tetap bertahan. Dengan demikian, Sevilla lolos ke final untuk ketiga kalinya secara beruntun dengan agregat 5-3.

Di babak final, Sevilla akan berhadapan dengan Liverpool yang lolos usai menang 3-0 atas wakil Spanyol lainnya, Villarreal, di leg II. Laga final akan digelar di St. Jakob-Park, Basel, pada 18 Mei mendatang.