Tuntutan GNPF: Ahok Dihukum 5 Tahun Penjara
ilustrasi

Tuntutan GNPF: Ahok Dihukum 5 Tahun Penjara

Jumat, 28 Apr 2017 | 17:07 | Rusmanto

WinNetNews.com - Massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) melakukan aksi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Mereka menuntut agar terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dihukum 5 tahun sesuai dengan Undang-Undang.

Massa melakukan long march dari Masjid Istiqlal menuju PN Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Tiba di PN Jakut, massa langsung memadati jalan. Sempat terjadi kemacetan di daerah tersebut.

Kemudian mereka pun berorasi di depan PN Jakarta Utara. Massa meminta agar pengadilan dapat memutuskan hukuman untuk Ahok sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

"Hakim harus adili Ahok seadil-adilnya. Jangan diintervensi dan harus diputuskan dengan hati nurani. (Kasus) penistaan agama harus dihukum 5 tahun seperti yang sebelum-belumnya," ujar salah seorang pemimpin aksi dalam orasinya di atas mobil komando, Jumat (28/4/2017).

Tak berapa lama kemudian, perwakilan dari massa GNPF diterima oleh pihak PN Jakarta Utara. Mereka melakukan audiensi.

Usai audiensi, perwakilan tersebut menyampaikan kepada massa yang berada di luar PN bahwa tuntutan mereka telah didengarkan oleh pihak pengadilan. Massa kemudian membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain aksi pada hari ini, GNPF akan menggelar aksi serupa pada Jumat pekan depan. Rencananya massa akan mendatangi Mahkamah Agung.

Adapun putusan sidang Ahok akan digelar pada Selasa (9/5) mendatang. Ahok sebelumnya dituntut dengan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...