Skip to main content

Turis ke Jakarta Susut 3,51%

Turis ke Jakarta Susut 3,51
Turis ke Jakarta Susut 3,51

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta periode Januari-Maret 2015 menyusut 3,51% menjadi 560.829 jiwa dibanding periode yang sama 2014. Cuaca buruk serta tragedi jatuhnya pesawat AirAsia di Laut Jawa membuat para pelancong asing menahan diri untuk mengunjungi Indonesia, terutama dalam dua bulan pertama tahun ini.

Namun demikian, turis asing yang melancong ke Jakarta melalui tiga pintu (Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Bandar Udara Halim Perdanakusuma, dan Pelabuhan Tanjung Priok) meningkat 16,87% menjadi 208.180 pelancong dibanding bulan sebelumnya. Angka itu selaras dengan meningkatnya wisatawan asing ke Tanah Air yang naik 3,51% menjadi 2,299 juta jiwa.

Mulai membaiknya cuaca kembali mendorong para pelancong dari berbagai negara untuk menikmati obyek wisata di Indonesia, tidak terkecuali ke Jakarta. Kunjungan turis asing ke Jakarta sejak 2010-2014 terus naik, tapi pelambatan ekonomi global bakal memengaruhi animo pelancong ke Ibu Kota tahun ini.

Guna menggenjot penerimaan devisa, tahun ini pemerintah memberlakukan bebas visa masuk untuk kunjungan singkat wisatawan dari 30 negara. Meski bisa dibilang terlambat dibanding negara tetangga seperti Malaysia yang telah membebaskan visa masuk bagi 144 negara dan Thailand 56 negara, langkah ini dapat mendongkrak minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia di tengah perlambatan ekonomi dunia.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top