(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Turki Miliki Bukti Kalau Khashoggi Dibunuh di Konsulat Saudi?

Rusmanto
Rusmanto

Turki Miliki Bukti Kalau Khashoggi Dibunuh di Konsulat Saudi? istimewa

WinNetNews.com - Otoritas Turki telah memberitahu AS bahwa mereka memiliki rekaman video dan audio terkait hilangnya wartawan Jamal Khashoggi. Menurut Turki, dalam rekaman itu terungkap bahwa Khashoggi telah dibunuh dan dimutilasi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul. 

The Independent melaporkan, Sabtu (13/10/2018), sejumlah sumber dari otoritas Turki yang namanya tak boleh diungkap, karena terkait erat dengan aksi intelijen, menyebut rekaman video mengungkap bahwa tim Saudi menahan Khashoggi di dalam Konsulat. Masih menurut sumber yang sama, Khashoggi selanjutnya dibunuh dan bagian tubuhnya dipotong-potong. 

Sedangkan rekaman audio mengungkap beberapa bukti kuat bahwa tim Saudi terkait dan bertanggung jawab terhadap kematian Khashoggi. Di antaranya bagaimana mereka terdengar menginterogasi hingga memukuli Kashoggi. 

"Rekaman suara dari dalam kedutaan memaparkan apa yang terjadi pada Jamal setelah dia masuk," kata seorang sumber yang tahu soal rekaman itu. 

"Anda bisa mendengar suaranya (Kashoggi) dan suara-suara pria yang berbicara bahasa Arab. Anda bisa mendengar bagaimana dia diinterogasi, disiksa, dan kemudian dibunuh," imbuhnya. 

Khashoggi (59) yang seorang kolumnis The Washington Post ini mendatangi Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu, untuk mengurus dokumen agar bisa menikahi tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz. Sejak masuk ke dalam, Khashoggi tidak pernah keluar. 

Otoritas Saudi menyebut Khashoggi telah keluar sesaat usai masuk ke konsulat. Namun otoritas Turki dan Cengiz bersikeras Khashoggi masih ada di dalam konsulat. Dugaan dilontarkan otoritas Turki yang menyebut Khashoggi dibunuh di dalam konsulat. Tudingan itu dibantah keras oleh Saudi. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});