Turkmenistan Masih Nihil Kasus Infeksi COVID-19?
Turkmenistan masih nihil kasus positif virus corona. (Foto: Britannica)

Turkmenistan Masih Nihil Kasus Infeksi COVID-19?

Senin, 3 Agt 2020 | 12:49 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Di saat seluruh wilayah di dunia terinfeksi Covid-19, ada satu negara yang hingga kini mengklaim tidak tertular corona. Negara tersebut adalah Turkmenistan.

Mengutip CNBCindonesia, Senin (3/8), di beberapa situs pantau Covid-19 global, seperti Worldometers dan John Hopkins University, nama negara ini tak ada dalam daftar. Hal ini juga terjadi pada situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut Aljazeera, Turkmenistan belum melaporkan satu pun kasus selama pandemi terjadi. Padahal tetangganya yakni Iran, Kazakhstan, Uzbekistan dan Afganistan tengah berjuang menghadapi pandemi.

Beberapa kritik meragukan klaim bebas corona. Bahkan, tulis Aljazera, menuduh pemerintah tidak transparan dan membungkam paramedis.

Meski begitu, dikutip dari Anadolu Agency, melalui Kedutaan Besar Turkmenistan di Turki, negara tersebut secara tersirat menyebutkan klaimnya sudah diakui oleh WHO.

"(Perwakilan WHO) menyatakan bahwa Turkmenistan tetap satu-satunya negara di kawasan Eropa, di mana tidak ada kasus penyakit Covid-19 terdaftar," kata kedutaan dalam sebuah pernyataan dikutip Senin (3/8).

Meski begitu, kedutaan menyebut WHO meminta negara ini mengambil tindakan seolah-olah Covid memang sudah menyerang negaranya.

"Dengan begitu, WHO berbagi rekomendasi strategis tentang peningkatan kesiap-siagaan dan langkah-langkah respon dalam kasus Covid-19," kata kedutaan lagi.

Sebelumnya, negara bekas Uni Soviet ini sudah menutup perbatasan sejak Maret. Di awal Covid-19 melanda China, penerbangan ke Tiongkok dibatalkan dan penerbangan dialihkan ke Turkmenabat, wilayah timur laut yang jadi zona karantina.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...