Ucapan Terima Kasih dari Iran Untuk Arab Saudi

Ucapan Terima Kasih dari Iran Untuk Arab Saudi Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Iran mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi karena menangani ziarah tahunan,  dengan membuka jalan bagi perundingan antara rival regional.

"Kami berterima kasih kepada Arab Saudi ... karena telah mengadopsi pendekatan baru dalam berurusan dengan peziarah Iran," kata Ali Ghazi-Askar, kepala organisasi haji di Teheran, menurut penyiar negara bagian.

Sekitar 86.000 peziarah Iran mengambil bagian dalam haji minggu lalu. Mereka tidak dapat hadir pada 2016 setelah gagal berunding karena masalah keamanan.

Iran sangat kritis terhadap usaha organisasi Arab Saudi setelah terjadinya penyerbuan selama haji 2015 yang menewaskan hingga 2.300 orang, termasuk ratusan orang Iran.

"Selalu ada perbedaan yang muncul di antara negara-negara, tapi yang penting bagi pihak-pihak untuk menyelesaikan perbedaan melalui dialog dan negosiasi," kata Ghazi-Askar, menurut kantor berita ISNA.

"Saat ini, setelah mengadakan haji yang sukses, inilah saat yang tepat bagi kedua belah pihak untuk bernegosiasi untuk menyelesaikan masalah bilateral mereka di bidang lain." tambahnya.

Kedua negara memutuskan hubungan diplomatik setelah Iran menyerbu kedutaan besar Saudi di Teheran pada Januari 2016 sebagai tanggapan atas eksekusi Riyadh terhadap seorang ulama Syiah terkemuka.

Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif tetap berhati-hati, namun mengatakan bahwa dia belum melihat "prospek perubahan yang jelas" dalam hubungan tersebut.

"Jika perkembangan seperti itu terjadi dalam mentalitas orang Saudi, ini pasti akan menjadi perkembangan positif dan akan disambut dengan reaksi positif Iran," katanya kepada surat kabar Khabar Online.