UEFA Putar Otak Beri Porsi Klub Liga Spanyol ke Liga Eropa
Foto: Medcom.id

UEFA Putar Otak Beri Porsi Klub Liga Spanyol ke Liga Eropa

Jumat, 1 Mei 2020 | 16:32 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  UEFA telah memberi tahu RFEF bahwa tim yang finis di urutan tujuh pada klasemen akhir Liga Spanyol akan langsung lolos ke Liga Eropa musim 2020-2021.

Dilansir BolaSport.com dari laporan AS, Jumat (1/5), UEFA telah memberi tahu Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) bahwa tim yang akan lolos ke Liga Champions dan Liga Eropa 2020-2021 diambil dari urutan di klasemen akhir musim.

Untuk Liga Champions, empat tim teratas akan melenggang ke kompetisi klub terelite se-Eropa itu.

Adapun untuk Liga Europa, hanya tim yang finis di urutan lima dan enam yang bisa lolos ke babak grup lewat jalur liga.

Meski begitu, ada jalur lainnya untuk lolos ke Liga Europa, yakni melalui Copa del Rey. Akan tetapi, adanya wabah virus corona membuat Copa del Rey tidak bisa dilanjut.

Copa del Rey sebenarnya sudah memasuki babak final yang akan diikuti oleh Athletic Bilbao dan Real Sociedad.

Untuk itu, UEFA memutuskan bahwa tim yang berhak atas satu tiket sisa ke Liga Europa ditentukan melalui peringkat di klasemen akhir musim, bukan siapa yang berhasil menjuarai Copa del Rey.

Hal ini sebenarnya bisa menimbulkan kontroversi karena dengan aturan UEFA tadi, Athletic Bilbao bisa merasa dirugikan. Sebab, saat ini Athletic Bilbao berada di urutan ke-10 tabel klasemen Liga Spanyol.

Padahal, kemungkinan Liga Spanyol musim ini dihentikan masih ada, dan apabila itu terjadi, maka mereka kehilangan kesempatan untuk berpentas di panggung Eropa.

Sementara itu, dengan kondisi seperti ini, dan andai Liga Spanyol memang dihentikan, tim yang akan mendapat keuntungan adalah penghuni peringkat tujuh saat ini, Valencia.

Mereka akan lolos ke Liga Europa bersama dengan Getafe dan Atletico Madrid yang masing-masing duduk di urutan lima dan enam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...