Uji Balistik, Peluru di Rumah Ketua Fraksi PKS DPR RI dari Senjata Laras Panjang
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto/Foto: Zool WNN

Uji Balistik, Peluru di Rumah Ketua Fraksi PKS DPR RI dari Senjata Laras Panjang

Kamis, 18 Mei 2017 | 14:23 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Tragedi penembakan yang menyasar rumah Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, terus diusut aparat. Hasil identifikasi sementara melalui uji balistik oleh para penyelidik, peluru itu memiliki kaliber 5.56 milimeter.

"Proyektil itu ditemukan kalibernya 5.56, jelas itu dari senjata panjang," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/05/2017).

Meski demikian, Setyo belum bisa memastikan pemilik senjata dari peluru yang menuju rumah Jazuli ini. Dia hanya menegaskan, saat tragedi tertembaknya rumah Jazuli, memang ada pasukan Brimob yang berlatih menembak.

"Ada kejadian pada waktu latihan menembak pelurunyakan ket (macet-red), pada sudut elevasi 30 derajat itu kekuatan masih full, jadi kemungkinan dari situ, karena waktu ket (macet-red), diperbaiki kemudian meledak," lanjutnya.

Setyo memastikan, anggota Brimob yang memperbaiki peluru yang macet itu sudah sesuai prosedur. Satu diantaranya dengan menempatkan sudut kemiringan senjata pada 30 derajat.

"Prosedur sudah betul, kalau peluru macet itu harus diperbaiki kemudian sudut elevasi larasnya tidak boleh datar harus 45 atau 30 yang penting bebas," pungkasnya.

Jendela rumah Jazuli tertembak pada Selasa (02/05/2017) silam. Akibatnya, kaca rumah Jazuli bolong. Peristiwa itu juga sudah dilaporkan Jazuli ke kepolisian. Tapi hingga kini pelaku penembakan masih misterius. Belum ada pelaku yang ditahan kepolisian pasca tragedi penembakan tersebut.

Belakangan, peristiwa tertembaknya rumah Jazuli dikaitkan dengan tragedi bunuh diri seorang anggota Brimob, Bripka Teguh Dwiyatno. Diduga Bripka Teguh nekat bunuh diri karena tidak tahan menanggung beban moral terkait dirinya terperiksa dalam tragedi penembakan ke rumah Jazuli.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...