(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Uji Coba Tv Digital Ditargetkan Juni 2016

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Uji Coba Tv Digital Ditargetkan Juni 2016

WinNetNews.com - Upaya uji coba televisi digital di Indonesia akan segera direalisasikan pada bulan Juni 2016. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, peraturan menteri untuk uji coba tayangan televisi digital saat ini telah ditandatangani. Kominfo hanya tinggal menunggu penandatanganan kesepakatan antar pihak yang akan berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

Televisi digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Perkembangan dari sistem televisi analog ke televisi digital mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Digitalisasi televisi menurut Rudiantara nanti akan melibatkan TVRI dan lPS (Lembaga Penyiaran Swasta) yang akan lebih memposisikan dirinya kepada konten, ia pun berharap agar perjanjian tersebut dapat segera dutandatangani agar segera dilakukan uji coba.

Rudiantara menambahkan, seiring dengan kemajuan teknologi digitalisasi televisi adalah suatu keniscayaan yang mau tidak mau akan terjadi. Untuk itu isu digitalisasi televisi tersebut akan dimasukan ke dalam revisi undang-undang penyiaran yang akan dibahas.

Ia menyebut, dengan adanya perpindahan tersebut akan terdapat digital deviden di frekuensi 700 Mhz yang sebelumnya digunakan oleh televisi analog. Frekuensi 700 Mhz yang dinilai sebagai frekuensi emas ini memiliki lebar pita 112 Mhz dan dapat dimanfaatkan berbagai keperluan.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});