Ukuran Payudara Memengaruhi Minat Wanita Pada Olahraga

Ukuran Payudara Memengaruhi Minat Wanita Pada Olahraga

Sabtu, 23 Jan 2016 | 13:53 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Satu penelitian menemukan bahwa hingga setengah dari murid sekolah menengah menghindari olahraga karena malu atau rasa sakit di payudara yang dirasakan.

Penelitian dari Universitas Portsmouth ini mengatakan kebanyakan murid perempuan di sekolah menengah pertama memerlukan nasihat lebih bagus terkait jenis bra yang bagus untuk mereka.

Penelitian dengan responden lebih dari dua ribu murid perempuan yang baru puber ini menemukan bahwa tidak banyak dari mereka yang mengetahui jenis bra yang harus dikenakan atau bagaimana menghindari rasa sakit di bagian payudara ketika berolahraga.

Hasil penelitian terhadap murid perempuan berusia antara 11 dan 17 tahun, menemukan bahwa tigaperempat responden memiliki setidaknya satu kekhawatiran terkait payudara mereka. Kekhawatiran itu antara lain rasa malu ketika berganti baju di kelas olahraga dan rasa sakit ketika berlatih.

Murid perempuan yang memiliki payudara besar - ukuran D ke atas, adalah mereka yang sangat mungkin tidak memilih olahraga atau berhenti berlatih sama sekali. Sekitar 15 persen responden mengaku mereka tidak bisa berolahraga karena ukuran payudara mereka terlalu besar.

 

Laporan ini menyebutkan bahwa, ketika berolahraga payudara bergerak hingga 21 sentimeter dalam pola angka delapan. Gerakan ini menyebabkan rasa sakit pada sekitar tigaperempat perempuan, sehingga lebih banyak gadis remaja yang meninggalkan kegiatan olahraga.

Bra untuk olahraga bisa mengurangi gerakan payudara ini. Jika gerakan payudara tidak dikurangi, ada risiko terjadi kerusakan pada ligamen Cooper’s yang tidak bisa diperbaiki sehingga payudara bisa turun.

Profesor Joanna Scurr yang memimpin Kelompok Penelitian Kesehatan Payudara, mengatakan: “Studi-studi terhadap perempuan dewasa sebelumnya berulang kali menunjukkan bahwa kekhawatiran yang sama membuat kaum perempuan tidak lagi melakukan kegiatan olahraga.

“Yang lebih buruk lagi, sebagai ilmuwan kami tahu penyangga payudara yang tepat akan mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah terkait gerakan payudara saat berolahraga. Yang diperlukan hanyalah pendidikan yang lebih baik ketika anak perempuan memasuki masa puber.”

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...