UN 2016 Diikuti 4,2 Juta Siswa

UN 2016 Diikuti 4,2 Juta Siswa

Senin, 9 Mei 2016 | 14:48 | Gunawan Wibisono
4.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/REC-html40/loose.dtd"> WinNetNews.com - 4,2 juta siswa dari 60.000 sekolah akan mengikut pelaksanaan ujian nasional (UN) 2016. Untuk hari pertama ini, pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, berdasarkan pantauan pelaksanaan UN disemua wilayah berjalan baik. Oleh karena itu, para guru dan siswa harus menjaga kejujuran dengan cara percaya akan jawaban sendiri, karena itu menjadi kunci mendapat hasil terbaik.

"Untuk pelaksanaan UN hari pertama ini, ada 4,2 juta siswa seluruh Tanah Air yang mengikuti," kata Pendiri Indonesia Mengajar ini, ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMP 30 Jl Anggrek, No 4 Koja Jakarta Utara, Senin (9/5).

Sementara itu, untuk pelaksanaan UN berbasis komputer (UNBK), Anies mengatakan, untuk tahun ini meningkat. Tahun sebelumnya hanya 41 sekolah, sedangkan sekarang ada 984 sekolah.

Mantan rektor Universitas Paramadina ini mengatakan, UNBK lebih mudah mengukur indeks integritas sekolah. Pasalnya UNBK tidak dapat memberi kesempatan siswa melakukan kecurangan. Pelaksanaan UN dinilainya tidak hanya menguji kemampuan akademik tetapi menguji kejujuran melalui indeks integritas kejujuran ujian nasional (IIUN).

"Untuk siswa SMP gunakan hasil UN meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Mengapa mengunakan karena kita butuh standar yang sama dalam proses seleksi siswa baru maka kita mengunalan angka ujian nasional," kata dia.

Lanjut Anies, jika kerja sendiri pasti polanya berbeda-beda, seperti sidik jari maka jika jumlahnya massif tentu ada kesalahan.

Anies menuturkan, kecurangan ini sudah terjadi bertahun-tahun,maka jangan mendiamkan. Harus segara melaporkan.

Sementara itu, Kepala Sudin Wilayah II Jakarta Utara, Budi Sulistiono mengatakan, untuk menghindari kecurangan, box dan truk dari percetakan Jawa Timur (Jatim) dikirim ke DKI masih bersegel. Maka aneh jika masih ada berita kebocoran soal. "Naskah Jumat baru sampe Sabtu baru dibuka, tapi kok Rabu, Kamis sudah ada berita bocor?,"kata Budi.

Berdasarkan data Kemdikbud, terdapat 4.052.068 peserta ujian nasional kertas pensil (UNKP) dari 52.630 sekolah. Sementara paket B terdapat 162.242 peserta di 5.757 sekolah. Sedangkan untuk SMP Luar Biasa (SMPLB) sebanyak 2.242 siswa dari 696 sekolah. Selanjutnya pada ujian nasional berbasis komputer (UNBK) , akan diikuti 156.320 siswa dari 984 sekolah.

Selanjutnya, sebagai informasi, UN pada tingkat SMP/sederajat akan diselenggarakan pada, Senin, 9 hingga 12 Mei 2016. Sementara UN susulannya akan dilaksanakan pada 16 sampai 19 Mei 2016. 

Sumber: Beritasatu.com

foto: gurudani.site

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...