Unik dan Tahan Gempa, Rumah Adat Woloan

Nadia Chevina
Senin, 24 Agustus 2015 14:22 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Senin, 24 Agustus 2015 14:22 WIB
Image Unik dan Tahan Gempa, Rumah Adat Woloan

Dengan 34 provinsi yang dimiliki Indonesia, Negara kita tercinta ini menawarkan berbagai keragaman yang indah, unik, dan menarik. Ketika membahas adat, budaya, dan tradisi secara spesifik, tidak hanya kesenian, pakaian adat, dan bahasa daerah, rumah adat tradisional pun juga turut menjadi bagian. Kali ini, Grivy.com akan mengajak Anda berkenalan dengan Rumah Adat Tradisional Woloan asal Tomohon, Sulawesi Utara.

Melansir okezone, umumnya, Rumah Adat Tradisional Woloan berbentuk rumah panggung. Akan tetapi, sekarang ada banyak Rumah Woloan yang hanya terdiri dari satu lantai saja. Dalam pembangunannya, Rumah Woloan biasa menggunakan kayu besi dan kayu cempaka sebagai bahan utamanya. Tidak hanya cantik dan indah dipandang mata, Rumah Woloan juga sangat kokoh dan tahan gempa.

Sisi lain yang dapat dilihat dari kecanggihan Rumah Woloan adalah konsep knock-down yang dimilikinya. Setiap Rumah Woloan bisa dibongkar pasang, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan, dari kota satu ke kota lain, bahkan sampai ke luar negeri. Karena kecanggihannya inilah, Rumah Woloan banyak dicari oleh para turis mancanegara yang ingin memiliki sebuah rumah kayu yang kuat dan bagus. Argentina, Venezuela, dan banyak negara di Timur Tengah hanyalah sedikit di antara masyarakat internasional yang menjadi pembeli tetap Rumah Woloan khas Tomohon.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Ketua Nasdem DKI : Mengapa Jual Aset Perusahaan Sehat?

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.