Unik, Desain Toilet Ini Bikin Penggunanya Seperti Sedang Dilihat Banyak Orang
Foto: Oddity Central

Unik, Desain Toilet Ini Bikin Penggunanya Seperti Sedang Dilihat Banyak Orang

Kamis, 18 Mar 2021 | 11:28 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Toilet biasanya akan menggunakan desain seminimal mungkin, agar orang yang menggunakannya bisa merasanya nyaman. Namun, nampaknya hal tersebut tidak bisa didapatkan jika berada di dalam toilet di salah satu restoran yang ada di Kaunas, Lithuania ini.

Foto toilet ini bahkan sempat viral di media sosial, pada tahun 2018 lalu. Restoran yang kamar mandinya didesai oleh Gyva Grafika (studio desain dan dekorasi kreatif), membuat dinding ubin menjadi mirip seperti jendela-jendela gedung.

Tak hanya itu, di setiap jendela juga terdapat gambar orang. Tentu saja hal ini bisa membuat orang-orang yang menggunakan toilet tersebut merasa seperti sedang ditonton banyak orang.

desain toilet <b class=unik" height="500" src="https://asset.winnetnews.com/uploads/images/Nurul%20Faradila-1616041241.jpg" width="750">
Desain toilet ini bisa bikin orang merasa tidak nyaman. Foto: Oddity Central

Dilansir dari Oddity Central, ide dibalik proyek ‘WC fot Architects’ membawa sisi luar ke dalam. Fotografer sengaja pergi ke lingkungan Kaunas era Soviet, tempat mereka dibesarkan dan mengambil foto fasad gedung apartemen, lengkap dengan beberapa penghuninya yang melihat ke luar jendela.

“Ada orang yang tidak memercayai paparazzi yang mereka lihat melalui jendela. Beberapa bahkan keluar untuk menanyai kami,” kata juru bicara Gyva Grafika.

“Tapi kami akan memberi tahu mereka tentang proyek seni yang sedang kami kerjakan dan mereka akan dengan senang hati meninggalkan kami,” imbuhnya.

desain unik toilet
Desain toilet ini bisa bikin orang merasa tidak nyaman. Foto: Oddity Central

Awalnya mereka akan mencetak beberapa foto gedung apartemen tua di ubin kamar mandi, tetapi restoran Galeria Urbana tidak ingin ubin asli ruangan itu diganti. Hingga akhirnya para desainer menemukan solusi, dengan memakai stiker definisi tinggi.

Mereka mencetak foto dalam bentuk stiker dan menempelkannya di ubin akmar mandi, sehingga menciptakan efek bangunan apartemen era Soviet di dalam kamar mandi.

“Banyak orang tinggal di apartemen yang bersih tapi begitu mereka melangkah keluar situasinya berubah total. Tangga, pekarangan, dan ruang publik lainnya biasanya ditinggalkan dan diabaikan. Untuk alasan ini, kami telah memutuskan untuk menyeimbangkan lingkungan sehari-hari ini dan memperkenalkan bagian luar ke dalam,” jelas Gyva Grafika.

Meksipun membuat beberapa orang mungkin tidak merasa nyaman saat berada di toilet, tapi desain kamar mandi yang unik ini mampu membuat banyak orang terpukau. Bahkan sejumlah orang berminat untuk membeli stiker dengan desain yang sama.

Gyva Grafika pun akhirnya menjual stiker-stiker itu di website mereka dengan harga mulai dari 3 Euro per stiker (Rp51 ribu), 24 Euro (Rp413 ribu) per sembilan stiker, hingga 52 Euro (Rp896 ribu) untuk empat puluh stiker.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...