Unik ! Kamera Ini Tembus Bumi

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Unik ! Kamera Ini Tembus Bumi

Wingamers – Untuk para pecinta fotografi atau yang memiliki hobi motret, siapa yang tidak tahu dengan kamera GoPro ? Kamera GoPro menjalani ekspedisi angkasanya sendiri. Kamera ini kembali kepada pemiliknya setelah dua tahun.

Sekelompok teman bermain memiliki ide unik pada 2013 lalu. Mereka mengirimkan kamera GoPro ke angkasa untuk mengambil gambar bumi dari ketinggian sendiri, sebagaimana dilansir Thrillist. Bukan menggunakan drone atau pesawat dan peralatan lain yang lebih canggih, sekelompok pemuda ini menggunakan balon udara saja. Mereka menerbangkan balon beserta GoPro dari Grand Canyon menuju ke stratosfer.

Tidak hanya GoPro, sekelompok pemuda ini juga menyertakan smartphone dengan GPS aktif ke dalam balon tersebut. Hal itu dilakukan untuk dapat melacak keberadaan GoPro ketika kamera tersebut telah mendarat kembali di Bumi.

Namun perhitungan mereka tidak tepat. Smartphone yang mereka terbangkan tidak mendapat sinyal untuk mengirim lokasi terakhirnya. Sementara GoPro jatuh di area yang tidak diketahui.

Setelah dua tahun berlalu, kamera tersebut ditemukan oleh seorang pejalan kaki yang tak sengaja melewati lokasi jatuhnya GoPro. Pejalan kaki tersebut mengidentifikasi siapa pemilik GoPro dengan kartu SIM. Setelah kamera kembali pada pemiliknya, terlihat video yang diambil oleh GoPro saat berada di angkasa. GoPro memulai perjalanannya pada Juni 2013 dan berakhir kurang dari dua jam.

GoPro merekam Grand Canyon dan gurun yang ada di bawahnya. Kamera ini melayang di ketinggian hingga 26,4 kilometer di udara dengan balon udara yang membawanya. Garis cakrawala terlihat jelas dan menjadi pemandangan indah yang ditangkap oleh kamera ini. Durasi terbangnya adalah 1 jam 38 menit dan terhenti karena terjatuh di sebuah gurun.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});