Unik! Perusahaan ini Membuat Dispenser yang Berisi Cerita Pendek Gratis

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Unik! Perusahaan ini Membuat Dispenser yang Berisi Cerita Pendek Gratis Special Édition (sumber: The Logical Indian)

Winnetnews.com - Sebuah perusahaan asal Prancis bernama Short Édition tertarik membuat sebuah vending machine yang berisi kumpulan cerita pendek. Vending machine ini berbentuk seperti dispenser perak dan berisi ribuan cerita pendek yang dapat dinikmati secara gratis.

Short Edition saat ini sudah bisa terlihat di berbagai sudut di wilayah Canary Wharf, London, Britania Raya. Bagi sebagian orang yang masih awam, Canary Wharf adalah sebuah pusat perkantoran dan bisnis terbesar kedua di London. Vending machine ini dimaksudkan untuk memudahkan akses bagi para pekerja kantoran untuk membaca di tengah jadwal kerja super sibuk mereka.

Dari dispenser unik ini, pembaca dapat menikmati cerita pendek yang habis dibaca dalam tiga sampai empat menit. Tidak hanya menyajikan cerita pendek gratis, mesin ini juga menggunakan kertas yang ramah lingkungan.

Special Édition Short Story Dispenser (sumber: metro.co.uk)
Special Édition Short Story Dispenser (sumber: coverwo)
Short Story Station (sumber: Evening Standard)

Selain di London, Short Édition juga kini telah dipasang di berbagai sudut kota Paris, Hong Kong dan Francisco. Sutradara kondang Amerika Serikat, Francis Ford Coppola, bahkan memberi suntikan dana untuk pengembangan mesin unik ini agar bisa diletakkan di kafe miliknya, Cafe Zoetrope.

Mesin ini menggunakan metode selection yang terbilang random. Genre yang ditawarkan pun sangat beragam, dari mulai crime, romansa, hingga cerita anak-anak. Banyak juga karya dari penulis-penulis terkenal Inggris, seperti Virginia Woolf, Lewis Caroll, dan Charles Dickens.

Sang founder, Anthony Horrowitz, mengaku sangat tertantang untuk menciptakan ekosistem membaca yang baik bagi masyarakat.

“Saya selalu menyukai tantangan dari cerita-cerita pendek, membuat sebuah dunia dari beberapa halaman buku,” ujar Horowitz, seperti dilansir dari UK Reuters, Kamis (12/09).

Ia memiliki harapan tinggi bahwa mesin unik tersebut akan mengembalikan kebudayaan membaca para pekerja di London.

“Saya berharap orang-orang yang naik commuter line akan tahu, setidaknya akan mencoba untuk membaca cerita-cerita pendek dari Special Édition ini,” tandas Horowitz, dikutip dari The Guardian, Kamis (12/09).

The Canary Wharf Group merasa berkewajiban untuk meletakkan beberapa dispenser karena adanya sebuah survei yang menyatakan bahwa lebih dari 36 persen orang dewasa di Britania Raya tidak bisa menyelesaikan satu buah buku selama hidup mereka.

“Cerita pendek milik kami akan memberikan sentuhan digital yang baru, melalui model analogue scrolling,” jelas Kepala Bidang Seni dan Acara The Canary Wharf Group, Lucie Moore.

Dispenser ini telah diletakkan di berbagai titik krusial di Chanary Warf, diantaranya Jubilee Place, Churchill Place, dan Crossail Place Roof Garden.

Apa Reaksi Kamu?