Unik! Petani Ini Tanam Mangga Berbentuk Apel & Rasanya Mirip Pisang

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Unik! Petani Ini Tanam Mangga Berbentuk Apel & Rasanya Mirip Pisang
Foto: The National News

Winnetnews.com -  Seorang petani asal India belakangan ini mendapat perhatian banyak orang, karena dia memiliki 119 jenis mangga di kebunnya, yang akan sulit ditemukan di tempat lain.

Bagaimana tidak, di kebun milik Syed Ghani Khan yang berada di Kirugavalu, India Selatan ini, terdapat buah-buah mangga yang memiliki tampilan unik dan rasanya enak. Beberapa di antaranya malah lebih mirip dengan apel dan rasanya seperti pisang.

Selain itu, ada juga ada yang rasanya mirip jeruk nipis atau pun jinten. Tapi ada juga yang rasanya seperti mangga pada umumnya.

Melansir World of Buzz, perkebunan ini juga memiliki mavinaka mini yang sangat kecil, sehingga beratnya hanya mencapai 50 gram.

“Sesuai catatan kami, ini telah dilestarikan selama tujuh generasi. Tempat ini disebut bada bagh (kebun besar) dan kami memiliki lebih dari 160 jenis mangga yang saya ingat sewaktu kecil,” kata Syed Ghani Khan.

Syed Ghani Khan
Petani ini tanam mangga yang bentuknya mirip buah lain. Foto: The National News

Bukan hanya bentuk dan rasanya yang berbeda, mangga yang ada di kebun tersebut juga tidak mengenal musim ketika berbuah.

Syed Ghani Khan bahkan memberikan mangga gratis kepada Institut Penelitian Hortikultura India yang melakukan studi tentang buah yang ditanamnya dna mengatakan bahwa mangga yang ada di sana tidak tumbuh di tempat lain.

Setidaknya sebanyak 60% dari varian mangga telah dilestarikan dan ditanam di institut tersebut.

Kepala eksekutif Perusahaan Produsen Organik Sahaja Samrudha India, Somesh Basavanna, mengatakan bahwa mangga milik Syed Ghani Khan yang dijual di tempatnya, sangat diminati oleh masyarakat.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...