Uniknya Gym Ini yang Sebagian Besar Anggotanya Lansia

Rusmanto

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Uniknya Gym Ini yang Sebagian Besar Anggotanya Lansia
Gym untuk lansia, istimewa

Winnetnews.com -  The Erqi Gym Club di Beijing China memiliki keunikan tersendiri karena sebagian besar anggotanya adalah lansia di atas 60 tahun. Mereka tak mau kalah dari para pemuda dan ingin memperoleh badan yang kuat dan kekar di usia senja.

Pendiri gym, Zhang Wei, mengaku awalnya merasa terkesima saat melihat fisik dari atlet luar negeri. Saat itu di tahun 1956 China masih melarang binaraga karena dianggap sebagai aktivitas yang borjuis dan narsistik.

Zhang berusaha membuat sketsa peralatan fitnes dengan mencontek alat yang digunakan para atlet. Kemudian setelah larangan binaraga berakhir di tahun 1983, Zhang bersama rekan-rekan membuat gym seadanya di gudang sepeda dengan besi bekas.

"Saya yang memasang alat-alat, ada teman yang bagian mencuci, sementara dia ini yang membuat alat tiruan," kata Zhang sambil menunjuk salah satu rekannya.

"Kita juga mendapat bantuan dari teknisi listrik dan tukang bangunan," lanjutnya seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (23/11/2021).

Saat ini gym sudah memiliki 29 anggota dengan yang paling tua berusia 82 tahun. Bagi sebagian anggota, gym ini sama seperti tempat panti wreda lain hanya saja kegiatannya khusus untuk binaraga.

"Biasanya di panti itu ada tempat untuk akvititas membaca, main catur, senam, atau sekedar ngobrol. Nah di tempat kita aktivitas utamanya olahraga," ungkap salah satu anggota gym, Liu Gungtao.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Mau Kalah dari Pemuda, Para Lansia Ini Dirikan Gym Agar Bisa Kekar"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...