Untuk Atasi Pandemi COVID-19, LBH Minta Jokowi Bagikan Ivermectin ke Masyarakat
ilustrasi

Untuk Atasi Pandemi COVID-19, LBH Minta Jokowi Bagikan Ivermectin ke Masyarakat

Minggu, 18 Jul 2021 | 16:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Ketua Pendiri LBH Kesehatan Iskandar Sitorus minta Presiden Jokowi untuk melihat hasil-hasil jurnal penelitian kesehatan secara bijak. Itu diungkapkannya dalam mendorong penggunaan Ivermectin untuk pasien COVID-19 dan membagikannya ke masyarakat.

"Banyak jurnal-jurnal kesehatan yang menyatakan kalau Ivermectin sangat baik untuk pasien COVID-19. Sudah banyak negara menggunakan untuk menekan laju COVID- 19," ujarnya.

"Kami minta dengan sangat Presiden Jokowi untuk membagikan Ivermectin kepada rakyat melalui kebijakan yang pro rakyat dengan mendorong semua stakeholder agar pandemi ini bisa diatasi," imbuh Iskandar.

Sebelumnya, Kepala Badan POM Penny Lukito mengatakan Ivermectin dapat diakses melalui delapan rumah sakit yang mengikuti uji klinis dan rumah sakit lain sesuai petunjuk teknis. Ia menegaskan saat ini Ivermectin dapat diberikan sesuai resep dokter yang mengacu pada petunjuk teknis.

"Ivermectin dapat diakses melalui uji klinik di delapan RS yang mengikuti uji klinik dan di RS lain sesuai dengan petunjuk teknis tentang expanded access, perluasan akses obat uji (seperti Ivermectin saat ini) dengan resep dokter dan dosis sesuai uji klinik," ujarnya.

Terkait uji klinis tersebut, Iskandar juga meminta Presiden Jokowi membuat keputusan yang terbaik untuk rakyatnya, apalagi Ivermectin sudah ada sejak 40 tahun dan dikonsumsi miliaran orang di dunia tanpa ada dampak bahaya. Mengapa justru saat pandemi sekarang malah justru banyak pejabat negara meragukan obat itu. Ada anomali dari penyelenggara negara.

"Salah satu harapan rakyat untuk mengobati pasien COVID-19 yang sudah teruji beri efek baik sesuai dengan pengakuan banyak masyarakat adalah Ivermectin. Karena kami juga melihat, memberikan bantuan langsung dan melihat langsung khasiatnya," ujarnya.

"Kami dari LBH Kesehatan melakukan uji langsung terhadap beberapa masyarakat pengidap COVID-19. Semoga pemerintah dan DPR mencari solusi agar rakyat punya harapan dalam kondisi darurat saat ini," jelas dia.

 

 

 

 

 

 

 

 


Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "LBH Kesehatan Minta Jokowi Bagikan Ivermectin ke Masyarakat"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...