Untuk Bantu Korban Gempa Sulteng, Pemprov Jabar Siapkan Rp 2M

Untuk Bantu Korban Gempa Sulteng, Pemprov Jabar Siapkan Rp 2M istimewa

WinNetNews.com - Pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan Rp 2 miliar untuk membantu korban bencana gempa-tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Selain itu, sejumlah bantuan lain juga sedang disiapkan untuk segera dikirimkan. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan selain menyiapkan bantuan pihaknya juga telah menggelar salat gaib bersama PNS atau ASN di lingkungan Pemprov Jabar untuk mendoakan para korban yang terkena bencana. 

"Saya (tadi salat gaib) di Masjid Al-Mutaqin Gedung Sate. Intinya kita doakan mereka yang menjadi korban. Semoga dengan doa bisa membantu meringankan derita para korban," kata pria yang akrab disapa Emil, di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Senin (1/10/2018). 

Diketahui sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat, (28/9/18), sekitar pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut menimbulkan tsunami di bagian pesisir Kabupaten Donggala, Mamuju Utara, dan Palu.

Emil menyebut pihaknya siap mengirim berbagai bantuan untuk meringankan derita para korban. Beberapa hari lalu, Emil telah mengirim tim menuju Palu dan Donggala untuk memetakan kondisi tanggap darurat, dan menggambarkan bantuan yang dibutuhkan para korban.

Pria berkacamata itu mengaku telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk membantu meringankan kesedihan para korban. "Dana Pemprov kita siapkan Rp 2 miliar untuk bantuan. Kita juga akan galang dana (dari masyarakat)," ucapnya. 

Ditemui terpisah Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa menjelaskan anggaran Rp 2 miliar itu berasal dari pos anggaran dana tidak terduga. Proses penyaluran bantuan nantinya melalui transfer. 

"Dana bantuan itu dari anggaran dana tidak terduga. Nantinya juga akan ada penggalangan dana," ujar Iwa. (detikcom)