Untuk Hubungkan Sorong-Manokwari Dengan Kereta Butuh Rp 10T

Rusmanto
Selasa, 11 Agustus 2015 09:21 WIB
Oleh Rusmanto pada Selasa, 11 Agustus 2015 09:21 WIB
Image Untuk Hubungkan Sorong-Manokwari Dengan Kereta Butuh Rp 10T

Kementerian Perhubungan memperkirakan dana untuk proyek kereta Papua rute Sorong sampai Manokwari senilai Rp 10 triliun. Dana tersebut akan dipakai membiayai pembangunan infrastruktur kereta 300-400 Kilometer (Km), yang menembus perbukitan dan pegunungan yang ada di Provinsi Papua Barat.

"Asumsi kami, dana yang diperlukan Rp 10 triliun tapi finalnya tergantung hasil studi kelayakan," Kata Kepala Subbagian Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu, kepada detikFinance, Selasa (11/8/2015).

Proyek yang rencananya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, dipandang sebagai terobosan pengembangan jaringan perkereta-apian di luar Jawa. Angkutan massal berbasis rel ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas di luas Jawa seperti Papua.

Kini, proyek kereta pertama di Pulau Papua ini sedang memasuki fase studi kelayakan atau feasibility study. Setelah itu, Kemenhub akan melakukan proses Detail Engineering Design dan terakhir adalah lelang. Targetnya, konstruksi bisa dimulai pada 2018. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Kisah Mrapen, Tempat Asal Api Abadi Asian Games

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.