Untuk Kasus Aisyah, Pemerintah Indonesia Tunggu Proses Hukum

Gunawan Wibisono

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Untuk Kasus Aisyah, Pemerintah Indonesia Tunggu Proses Hukum
Foto: Viva.co.id

WinNetNews.com - Saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu hasil dari proses hukum yang sedang berjalan di Malaysia untuk kasus yang di alami oleh Siti Aisyah. Pastinya Pemerintah menginginkan kasus Siti Aisyah terang benderang atas sangkaan pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korut, Kim Jong-Un.

"Kita tinggal menunggu saja proses hukumnya. Kita tunggu proses hukumnya," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).

Indonesia menegaskan tidak terlibat dalam urusan politik internal di Korea Utara. Tapi, Pemerintah hanya ingin memastikan Aisyah mendapatkan pendampingan hukum terkait statusnya sebagai tersangka dan ditahan kepolisian Malaysia.

"Ya kita tidak terlibat di situ, dalam artian secara politik. Kalau Korea Utara jelas politis, jadi selalu akan bertentangan," terangnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menegaskan bantuan pendampingan hukum bagi Aisyah. Instruksi pendampingan ini sudah disampaikan Jokowi kepada Menlu Retno Marsudi.

"Yang jelas, kita akan selalu mendampingi. Saya sudah sampaikan ke Menlu agar didampingi terus lewat pengacara yang sudah ditunjuk agar diberikan perlindungan kepada Aisyah," kata Jokowi di Cibubur.

Jokowi meminta semua pihak menunggu proses penanganan hukum yang dilakukan polisi Malaysia. Masa penahanan Aisyah, WNI asal Serang, diperpanjang.

"Semuanya kan masih berlangsung, masih berproses, masih ada interogasi-interogasi yang selalu didampingi. Nantilah kalau udah kelihatan kepastiannya nanti saya sampaikan," ujarnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...