Untuk Keperluan Medis, Malaysia Akan Ijinkan Warganya Tanam Ganja

Rusmanto
Rusmanto

Untuk Keperluan Medis, Malaysia Akan Ijinkan Warganya Tanam Ganja ilustrasi
Winnetnews.com -  Jika di Indonesia tanaman ganja masih dianggap sebagai barang haram dan penanamnya bisa sampai mendapatkan hukuman pidana, di Malaysia justru warganya diperbolehkan untuk menanam ganja. Hanya saja, tanaman ini hanya diperbolehkan untuk ditanam demi tujuan penelitian.

Warga Malaysia boleh Menanam Ganja

Menteri Kesehatan Malaysia, dr. Seri Dzulkefly Ahmad menyebut kementeriannya berwenang untuk memberikan izin penanaman ganja atau produk tanaman serat dan biji-bijan lainnya demi tujuan non-komersial. Hanya saja, hal ini ternyata juga masih membutuhkan persetujuan dari pihak lainnya.

“Tanggal dari perizinan ini masih belum diputuskan karena kami masih harus berdiskusi dengan Kementerian Air, Tanah, dan Sumber Daya Alam,” ucapnya.

Pemerintah setempat juga sedang menggodok aturan untuk memperbolehkan tanaman ganja ini dan memastikan bahwa aturan ini benar-benar mengakomodasi kepentingan penelitian atau medis, bukannya dilakukan dengan sembarangan. Hal ini ditujukan agar tidak ada orang yang sampai menyalahgunakan ganja tersebut.

“Kami sadar akan ada banyak orang yang sangat senang dengan peluang ini. Kami tidak mau menjadi penghalang penelitian atau demi kepentingan medis. Hanya saja, kami juga harus benar-benar merumuskan aturan yang tepat sambil mendiskusikannya dengan kabinet,” lanjutnya.

Dr. Ramli Zainal dari Program Layanan Farmasi Kemenkes Malaysia menyebut prosedur aturan-aturan yang standar untuk menanam ganja harus benar-benar jelas dan detail.

“Aturan ini juga harus meliputi siapa saja yang diperbolehkan untuk mengimpornya, siapa saja yang bisa menanamnya, hingga di mana ganja bisa ditanam sehingga tidak akan mudah disalahgunakan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya demi kebutuhan penelitian,” ungkap dr. Ramli.

Apa Reaksi Kamu?