Untuk Kesehatan Tubuh, Mandi Air Hangat atau Dingin?
istimewa

Untuk Kesehatan Tubuh, Mandi Air Hangat atau Dingin?

Senin, 13 Sep 2021 | 12:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mandi air hangat atau dingin biasa dilakukan orang untuk membersihkan badan. Tak sekadar bersih, rutinitas mandi juga baik untuk kesehatan tubuh .

Mandi menggunakan air hangat ataupun dingin, keduanya memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan. Dirangkum dari laman Healthline dan Times of India, Minggu (12/9/2021), berikut manfaat mandi dengan air hangat dan dingin bagi kesehatan.

Air Dingin

Profesor dan Ketua Dermatologi Adam Friedman asal Amerika Serikat mengatakan, jika Anda memiliki kulit yang sering gatal, maka mandi dengan air dingin adalah solusinya.

Menurutnya, mandi dengan air dingin mempunyai efek Anda jadi tidak mudah menggaruk saat kulit terasa gatal. Selain itu, air dingin juga mampu melancarkan sirkulasi udara, mengurangi nyeri otot, membuat kulit dan rambut terlihat lebih cerah, serta bisa memicu semangat saat bangun tidur.

Mandi air dingin juga diyakini baik otak Anda.

Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu merileksasi tubuh sekaligus menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan air hangat dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat lelah.

Manfaat mandi air hangat lainnya yakni melancarkan pernapasan, mengikis kotoran atau daki, serta membantu otot jadi rileks.

Nah, bagi Anda yang sedang flu atau pilek, mandi dengan air hangat bisa membantu melegakan pernapasan sekaligus mengencerkan dahak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di lifestyle.sindonews.com dengan judul "Mandi Air Dingin atau Hangat? Ini Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Rasakan"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...