Untuk Kurangi Polusi Udara, Taksi di China Menggunakan Tenaga Listrik

Rusmanto
Rusmanto

Untuk Kurangi Polusi Udara, Taksi di China Menggunakan Tenaga Listrik ilustrasi

WinNetNews.com - Pemerintahan China tampaknya serius untuk mengurangi polusi udara di negaranya. Di Beijing contohnya, semua mobil taksi bakalan diganti dari yang berbahan bakar bensin menjadi yang bertenaga listrik.

Kontrol terhadap polusi udara ini sebagai langkah awal diberlakukan di 3 kota seperti Beijing, Tianjin, Hebei, dan di sekitar area tersebut tahun ini. Dengan begitu, pemerintah China harus mengeluarkan biaya ekstra sebesar 9 miliar Yuan atau setara Rp 17,4 triliun seperti diberitakan Carscoops , Jumat (3/3/2017).

Di Beijing sendiri ada hampir 70.000 armada taksi yang berbahan bakar bensin. Dalam rencana tersebut juga tertulis selain mengganti seluruh armada taksi dengan mobil listrik juga seluruh taksi baru yang beredar di jalan harus bertenaga listrik.

Meski belum diketahui apakah rencana tersebut disetujui, Beijing juga bakal mengeluarkan investasi besar-besaran dalam pembangunan infrastruktur mobil listrik untuk mendukung 70.000 taksi listrik yang beredar di jalan. Hal itu dilakukan karena saat Beijing menambah 200 mobil listrik yang digunakan sebagai armada taksi, beberapa sopir taksi mengeluh harus menunggu sekitar 6 jam di tempat pengisian ulang.

Ahli fisika di Universitas California mencatat setidaknya ada sekitar 1,6 juta orang meninggal di China karena polusi udara setiap tahunnya.

Apa Reaksi Kamu?