Untuk Orang Kantoran, Ini Cara Mudah Jaga Kolesterol Agar Tetap Rendah
ilustrasi

Untuk Orang Kantoran, Ini Cara Mudah Jaga Kolesterol Agar Tetap Rendah

Kamis, 11 Jul 2019 | 13:04 | Rusmanto
Winnetnews.com - Kebiasaan di kantor yang kurang sehat bisa membuat kadar kolesterol melonjak naik. Kadar kolesterol tinggi merupakan kondisi serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang naik bisa Anda turunkan kadarnya kembali stabil. Namun, bagaimana caranya? Simak, tips menurunkan kadar kolesterol untuk orang kantoran berikut ini.

Tips menurunkan kolesterol untuk orang kantoran

Penyakit jantung masuk dalam deretan penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Risikonya akan sangat besar terjadi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kolesterol yang terlalu banyak dalam darah akan terjebak di dinding pembuluh arteri.

Seiring waktu, kolesterol akan menumpuk menjadi plak dan mempersempit ruang pembuluh darah. Akibatnya,  darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung jadi tersumbat. Setelahnya, aterosklerosis maupun serangan jantung dapat terjadi.

Untuk mencegah berkembangnya penyakit ini, pekerja kantor perlu mengendalikan kadar kolesterol tetap normal. Kuncinya dengan mengubah kebiasaan di kantor jadi lebih sehat. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa tips menurunkan kadar kolesterol untuk orang kantoran berikut ini.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

image0

Merokok bukan hanya musuh bagi paru-paru Anda, tapi bagi semua jaringan tubuh, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, zat kimia lainnya yang terkandung pada rokok bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Keduanya dapat membentuk plak berlilin di arteri.

Nah, untuk menurunkan kembali kadar kolesterol jahat yang naik akibat merokok, pekerja kantor harus menghentikan kebiasaan merokok. Sebuah studi menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yaitu kolesterol baik yang melawan LDL.

Peningkatan kolesterol baik tersebut terjadi dalam waktu cepat, yaitu kurang dari 3 minggu. Ini menunjukkan bahwa berhenti merokok merupakan langkah efektif bagi pekerja kantoran untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Selain berhenti merokok, pekerja kantor juga perlu menjauhi asap rokok. Jika ada rekan Anda yang sedang merokok, sebaiknya pergi dari tempat tersebut dengan sopan. Ini supaya Anda tidak ikut menghirup asap rokok dan menjadi perokok pasif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...