Untuk Pertama Kalinya, Pakistan Tampilkan Presenter TV  Transgender
Sumber:BBC

Untuk Pertama Kalinya, Pakistan Tampilkan Presenter TV Transgender

Selasa, 27 Mar 2018 | 09:23 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Untuk pertama kalinya, Pakistan menampilkan seorang transgender dalam program berita di televisi. Dikutip dari BBC, Marvia Malik, seorang transgender yang telah mengantongi ijazah sarjana jurnalistik, mendapat pekerjaan sebagai penyiar berita di televisi swasta Pakistan.

Ia, yang juga merupakan seorang foto model, kini tercatat sebagai penyiar berita transgender pertama di saluran televisi di negara itu. Ia tampil pertama kali sebagai penyiar di televisi swasta Kohenoor pada Jumat lalu 23 Maret 2018 lalu, setelah mengikuti pelatihan selama tiga bulan.

Marvia Malik, menjelaskan ia memaksa diri sendiri untuk tidak berteriak kegirangan ketika mendapat kabar lamarannya diterima. "Mimpi yang saya saksikan adalah saya mampu menaiki tangga pertama untuk mewujudkan mimpi itu," kata Marvia Malik.

Selama ini komunitas transgender di Pakistan mengalami diskriminasi dan mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan. Sebagian di antara mereka terjerat ke dalam prostitusi, pengemis atau penari untuk mencari nafkah.

Marvia Malik berharap dapat membantu meningkatkan kehidupan komunitas transgender di negaranya. "Komunitas kami seharusnya mendapat perlakuan sama dan tidak boleh ada diskriminasi atas dasar jenis kelamin. Kami seharusnya mendapat persamaan hak dan dianggap sebagai warga negara biasa, bukan gender kelas tiga," lanjut Marvia. 

Pemilik televisi Kohenoor, Junaid Ansari, mengatakan kepada VOA bahwa Marvia Malik mendapat pekerjaan sebagai penyiar atas dasar kemampuannya dan bukan atas dasar pertimbangan jenis kelamin.

Awal bulan ini, Majelis Tinggi Pakistan mengesahkan rancangan undang-undang untuk melindungi hak-hak transgender, dan mengizinkan mereka menentukan sendiri identitas gender mereka.

 

Sumber:Twitter.com/ShamilaGhyas

Sumber:Twitter.com/ShirazHassan

Sumber:Twitter.com/nailainayat

Sumber:Twitter.com/i_aliarif

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...